Usai Libur Cuti Bersama, Pasien Covid Wisma Atlet Kembali Naik

Kapasitas Hunian tempat tidur (BOR) di menara 6 dan 7 Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet di Kemayoran naik 21 persen dalam dua pekan setelah libur panjang dari 28 Oktober hingga 1 November.
Kedua tower tersebut diperuntukkan bagi pasien yang terinfeksi virus corona (Covid-19) dengan gejala ringan hingga sedang. Penderita Covid-19 tanpa gejala atau OTG dibawa ke Tower 4 dan 5 RSD Wisma Atlet.

“Saat ini pemanfaatan tower 6 dan 7 adalah 53,8 persen. Kalau kita lihat itu, kalau kita bandingkan sebelum libur, pemanfaatannya hanya 32 persen,” kata Koordinator RSD Wisma Atlet Mayjen TNI Ratmono. Disiarkan di kanal YouTube BNPB Indonesia, Minggu (15 November).

BACA JUGA  Menkes Ceko Mundur Karena Gagal Kendalikan Lonjakan Kasus Corona

Flat isolasi mandiri Rumah Sakit Wisma Atlet di Tower 4 dan 5 juga meningkat 10 persen. Meski begitu, satgas mengakui, penambahan pasien Covid-19 yang dirawat di RS Wisma Atlet masih terkendali dibandingkan penambahan pada September lalu.

Dia mengatakan September lalu semua menara pasien Covid-19 yang dirawat, baik yang bergejala maupun OTG, mencapai jumlah suplemen tertinggi 90 persen. Berdasarkan pengalaman tersebut, dia yakin kali ini, setelah libur panjang pihaknya masih bisa mengantisipasi kenaikan.

BACA JUGA  Waspada Covid-19, Ini Cara Aman Pesan Makanan di Restoran

Namun, dia juga menegaskan bahwa peran masyarakat dalam mengimplementasikan protokol kesehatan Covid-19 merupakan kunci terpenting dari setiap upaya pemerintah.

“Kami melihat apartemen self-isolator di rumah atlet sebelum libur panjang. Kami melihat yang paling rendah 17, okupansi 17 persen, dan sekarang meningkat dari 10 persen, kira-kira menjadi 27 persen,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan jumlah pasien Covid-19 di rumah sakit dan unit perawatan intensif di DKI Jakarta serta di RS Wisma Atlet mengalami peningkatan berdasarkan data Sabtu (14/11). telah kembali naik.

BACA JUGA  Tes CPNS Jakarta Tetap Dilaksanakan Dengan Protokol Kesehatan

“Pada 1 November, tempat tidur isolasi di DKI relatif rendah yaitu 52 persen. Namun dalam dua pekan terakhir meningkat menjadi 63 persen,” kata Doni.

Sedangkan berdasarkan data RSD Wisma Atlet Media Center mulai Senin (16/11) pukul 08.00 WIB. Sebanyak 1.569 pasien yang dikonfirmasi positif Covid-19, terdiri dari 798 pria dan 771 wanita, dirawat di Menara 6 dan 7.

Sedangkan 859 pasien Covid-19 lainnya menempati tower 4 dan 5 sebagai ruang isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 dengan status OTG. Sebanyak 2.428 pasien positif Covid-19 dirawat di RSD Wisma Atlet dengan empat tower.

BACA JUGA  Refly Harun Penuhi Panggilan Bareskrim Polri Jadi Saksi Kasus Gus Nur

Leave a Comment