5 Jenis Tanaman Hias Paling Mahal Yang Dijual Online Di Indonesia

Budidaya tanaman hias kini menjadi bisnis yang trend pada saat ini. Apalagi di tengah pandemi (Covid-19) yang membatasi mobilitas dan menyebabkan masyarakat mencari aktivitas baru untuk mengisi waktu luangnya yang sebagian besar dihabiskan di rumah.

Salah satunya adalah berkebun. Tak jarang orang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli tanaman hias termahal untuk ditanam di kebunnya.
Tentunya sebelum membeli dan menanam tanaman hias, Anda perlu memiliki pemahaman yang baik tentang harga tanaman musiman atau tanaman yang berubah-ubah tersebut dan melakukan riset pasar.

BACA JUGA  Coba Tips Make Up Berikut Untuk Kulit Berminyak

Upaya dilakukan dengan memprioritaskan tanaman hias mana yang dijual yang memiliki keuntungan tinggi dan berjangka panjang.

Tanaman hias termahal di Indonesia
Dilansir dari berbagai sumber merangkum tanaman hias termahal di Indonesia.

5 daftar bunga dan daun hias ini berdasarkan hasil survei harga yang dijual di berbagai marketplace online pada Juli 2020.

1. Anggrek hitam Papua

Anggrek hitam Papua bisa diikat dengan harga hingga Rp 100 juta. Pasalnya, tanaman hias ini termasuk tanaman langka.
Biasanya, anggrek hitam Papua memiliki kelopak berwarna hitam dan putik berwarna merah muda cerah. Tentunya, warnanya yang khas tidak seperti anggrek pada umumnya.
Tanaman hias ini memiliki ciri-ciri yang memiliki nilai estetika. Tak heran, kini masyarakat berlomba-lomba mendapatkan bibit dan membudidayakan tanaman hias anggrek hitam Papua.

BACA JUGA  Jangan Buang Kulit Buah Naga, Berikut Manfaatnya Untuk Kesehatan

2. Bonsai

Bonsai selalu memiliki nilai pasar yang tinggi dan stabil. Nampaknya tanaman hias ini memiliki kolektor yang setia, sehingga bonsai masih tergolong tanaman hias termahal.
Di pasar online, Bonsai Kihuhan emas berharga Rp4 juta, sedangkan Bonsai Kimeng diperdagangkan dengan harga pasar awal Rp50 juta.
Bonsai adalah tumbuhan atau pohon yang kerdil dalam pot dangkal. Tujuannya adalah untuk membuat miniatur dari bentuk asli pohon tua yang besar di alam liar.

BACA JUGA  Mengulik Asal Usul Nama Tanaman Janda Bolong dan Lidah Mertua

3. Monstera

Tanaman Monstera sedang naik daun belakangan ini dan merupakan tanaman hias termahal di Indonesia
Jenis tanaman Monstera estetika milenial tertentu dijual di pasar online seharga Rp 20 juta untuk empat daunnya.

Monstera adalah tumbuhan tropis dalam famili Araceae dengan puluhan varietas. Dari belasan varietas tersebut, setidaknya satu spesies yang paling banyak dibudidayakan dan paling terkenal dari yang lain, yaitu Monstera Deliciosa.

Monstera Deliciosa memiliki jenis Deliciosa variegata yang jarang ditemukan sebagai aksesoris rumah. Alasannya, butuh waktu yang sangat lama untuk tumbuh dan ditandai dengan noda krim kekuningan pada daun.

BACA JUGA  Mengenal Tanaman Hias Calathea Yang Dijuluki Tanaman Doa

Namun siapa sangka Monstera Deliciosa Variegata ditawarkan dengan harga tidak murah karena proses pertumbuhannya yang cukup lama.

4. Anthurium

Harga Anthurium tipe Jemani Cobra Varigata mulai dari Rp 1,5 jutaan di pasar online. Apalagi tanaman ini dikenal mahal beberapa tahun terakhir, bahkan harganya diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Jenis bunga anthurium sendiri merupakan salah satu tumbuhan yang termasuk dalam famili Araceae. Hal yang menarik dari Anthurium adalah bentuk daunnya yang indah, variatif dan unik.

BACA JUGA  Simak Tips Gowes Sehat Dan Aman Dimasa Pandemi

Tanaman hias ini merupakan tanaman yang selalu hijau atau tidak mengenal dormansi. Di alam liar, anthurium biasanya hidup secara epifit atau di batang pohon. Tapi ia juga bisa hidup terestrial di dasar hutan.

Sementara tanaman ini dapat ditanam dan dirawat dalam pot khusus selama masa budidaya, asalkan memiliki sirkulasi air yang baik.

5. Aglaonema merah

Tanaman hias ini berharga Rp 1,5 juta di pasar online. Tanaman sri rejeki atau aglaonema merupakan salah satu tanaman yang paling diminati dan dimiliki oleh orang Indonesia. Sesuai dengan namanya, diyakini tanaman ini mampu memberikan energi positif untuk membawa kebahagiaan.

BACA JUGA  6 Tanaman Hias yang Berfungsi Menyaring Udara Dalam Ruangan

Aglaonema merah memiliki bentuk daun yang unik dengan motif yang indah dan warna merah yang mempesona seolah terpancar dari tanaman ini.

Kata Kunci Popularbunga hias mahal,Tanaman langka dan mahal

Leave a Comment