Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Antara Aquascape dan Terrarium

Banyak hobi berkembang selama pandemi, antara lain hidroponik, bertani, merawat tanaman hias sultan, pelihara ikan cupang. Kini telah muncul hobi baru.
Hobi baru ini masih berhubungan dengan tanaman, ikan dan air. Hobinya dikenal sebagai aquascape dan terarium. Sekilas, keduanya terlihat sama, meski sebenarnya berbeda.
Aquascape dan terarium sama-sama memiliki konsep yang sama dan mengubah ekosistem baru pada wadah kaca. Tapi apa perbedaan antara aquascape dan terarium?

Aquascape
Aquascape, seni membuat taman air kecil dalam wadah kaca. Fazry, seniman aquascape yang membuat kegiatan penataan ini menarik adalah kita bisa menyusun taman dengan model yang berbeda-beda sesuai dengan ide framer. Tema aquascape berubah setiap tahun. Tahun ini, tren aquascape adalah gaya Brasil atau tema hutan.

BACA JUGA  Berdasarkan Penelitian, Hobi Merajut Dapat Mengurangi Stress

Membuat aquascape tidaklah sulit, namun masih ada trik yang bisa Anda gunakan untuk membuatnya.

“Prosesnya biasanya setelah sudah diatur dengan starter bakteri, rumah bakteri, pupuk dasar, tanah atau pasir silika perlu diangin-anginkan dulu. Banyak orang hanya menggunakan mesin, power head atau canister lalu aerasi selama 3 hari atau seminggu,” kata Fazry. oleh CNN Indonesia TV.

“Setelah seminggu dikeringkan, lalu airnya diisi tanaman. Seminggu kemudian ikan diisi.”
Untuk pemeliharaannya, ia merekomendasikan pemberian pupuk cair atau menggunakan tabung CO2 agar tanaman tetap subur dan sehat.

BACA JUGA  5 Manfaat Facial Massage Untuk Kecantikan

terarium
Dari segi terarium, terarium adalah wadah yang terbuat dari kaca transparan atau plastik yang berisi tumbuhan.
Untuk membangun terarium, Anda bisa menggunakan botol atau toples kaca kecil. Terarium itu sendiri terdiri dari dua jenis, terbuka dengan tanaman seperti kaktus atau sukulen, dan tertutup. Tipe tertutup ini memiliki karakteristik yang sama dengan aquascape. Perbedaannya adalah bahwa ekosistem tercipta tanpa air dan ikan.

“Untuk membangun terarium jangan sampai terkena sinar matahari langsung, perlu penerangan misalnya lampu. Kalau tempatnya sejuk, lembab dan agak panas malah berjamur,” kata Arfi Zulta Hari Basuki, pengrajin terarium. .

BACA JUGA  Tips Agar Kulit Wajah Tidak Dehidrasi Dan Kering

Perbedaan paling mendasar antara terarium dan aquascape terletak pada tidak adanya ikan. Aquascape terdiri dari tumbuhan dan ikan di dalam akuarium, sedangkan terarium hanyalah tumbuhan di dalam air tanpa ikan.

Leave a Comment