Peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Korps Brimob Pasukan Elit Polri

Korps Brigade mobil Polri hari ini, Sabtu, 14 November 2020 merayakan hari jadinya yang ke-75. Pasukan elit polisi yang dikenal sebagai Brimob adalah satuan paramiliter khusus kepolisian.

Dikutip dari Wikipedia, Korps Brimob juga dikenal sebagai salah satu unit tertua di organisasi Polri. Beberapa tanggung jawab utamanya adalah terorisme domestik, kerusuhan sipil, penegakan hukum berisiko tinggi, pencarian dan penyelamatan (SAR), penyelamatan sandera dan penjinakan bom (EOD).

Korps Brimob juga bertugas sebagai komponen besar di Polri, dilatih untuk melaksanakan tugas-tugas anti-separatis dan kontra-pemberontakan, seringkali dalam kaitannya dengan operasi militer. Korps Brimob diklasifikasikan sebagai Satuan Polisi Taktis (PTU) dan secara operasional satuan Senjata dan Taktik Khusus (SWAT) Polisi (termasuk Densus 88 dan Gegana Brimob).

BACA JUGA  DKPP Terima 50 Petisi Tunda Pilkada Hingga Pandemi Covid-19 Usai

Korps Brimob terdiri dari 2 (dua) cabang yaitu Gegana dan Pelopor. Tugas Gegana adalah menjalankan operasi kepolisian yang lebih spesifik seperti penjinakan bom, penanganan KBR (kimiawi, biologi dan radioaktif), anti-terror (kontra terorisme) dan inteligen.

Sementara itu, Pelopor memiliki tugas untuk melaksanakan operasi kepolisian khusus yang lebih luas dan paramiliter, seperti Misalnya: Counterinsurgency, Search and Rescue (SAR), pengamanan fasilitas vital, serta operasi gerilya dan pertempuran hutan terbatas.

Secara umum, kedua cabang ini berbagi keterampilan taktis sebagai unit polisi khusus. Ini termasuk kemampuan untuk pembebasan sandera di area perkotaan, penggerebekan terhadap penjahat bersenjata seperti teroris atau separatis, dan operasi lain yang mendukung kinerja unit polisi umum. Setiap polda di Indonesia memiliki unit brimobnya sendiri.

BACA JUGA  Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Ditangkap KPK Bersama 5 Orang

Menghadapi gerakan separatis
Prajurit pelopor Brimob adalah satuan yang tugas utamanya adalah melaksanakan tugas-tugas operasional yang bersifat paramiliter guna mengatasi gangguan Kamtibmas tingkat tinggi.

Pada 1 Agustus 1947, Mobrig dijadikan unit militer. Dalam peran ini, Mobrig terlibat dalam berbagai kekacauan politik dalam negeri. Pada tahun 1948, di bawah kepemimpinan Moehammad Jasin dan Inspektur Polisi II Imam Bachri, bersama dengan pasukan TNI, mereka berhasil melenyapkan pelaku peristiwa Madiun di Madiun dan Blitar Selatan dalam Operasi Trisula.

BACA JUGA  Cerita Lengkap Hasil Rekonstruksi Penembakan Anggota Laskar FPI

Mobrig juga terasa saat menghadapi gerakan separatis DI / TII di Jawa Barat di bawah kepemimpinan S.M. Kartosuwiryo dan di Sulawesi Selatan dan Aceh dipimpin oleh Kahar Muzakar dan Daud Beureueh. Pada awal 1950, Tentara Ratu Adil (APRA) yang dipimpin oleh Kapten Raymond Westerling menyerbu kota Bandung. Untuk menghadapinya, empat kompi Mobrig dikirim untuk menghancurkannya.

Mobrig bersama pasukan TNI juga dikerahkan pada April 1950 ketika Andi Azis dan pendukungnya dinyatakan memberontak di Sulawesi Selatan. Ketika Dr. Soumokil memproklamasikan berdirinya RMS pada tanggal 23 April 1950, Pejuang Mobrig ditugaskan untuk melenyapkannya lagi.

BACA JUGA  Bupati Bangka Tengah Meninggal Dunia Akibat COVID-19

Pada tahun 1953 Mobrig juga dikerahkan di Kalimantan Selatan untuk meredam pemberontakan populer yang dipimpin oleh Ibn Hajar. Ketika Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) diumumkan pada tanggal 15 Februari 1958, dengan pimpinan Syafruddin Prawiranegara, pemerintah pusat mengadakan Operasi Firma, Operasi Saptamarga, dan Operasi pada tanggal 17 Agustus dengan menggunakan Mobrig dan pasukan tempur lainnya.

Batalyon Mobrig bersama pasukan TNI berhasil mengatasi gerakan korektif PRRI di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Timur, Riau dan Bengkulu. Selama Operasi Mena pada 11 Maret 1958, beberapa kompi tempur Mobrig melancarkan serangan terhadap benteng Permesta di Sulawesi Tengah dan Maluku.

BACA JUGA  Korlantas Polri: Tilang Elektronik Skala Nasional Segera Diterapkan

Leave a Comment