Varian Baru KIA Carnival Meluncur dengan Design Berbeda di Atap Mobil

KIA Motors belum lama ini dikejutkan dengan diperkenalkannya varian baru KIA Carnival. Sebelumnya diketahui produsen otomotif asal Korea Selatan itu telah meluncurkan karnaval KIA generasi keempat pada Agustus lalu. KIA saat itu hanya meluncurkan dua pilihan mesin untuk KIA Carnival, yakni mesin diesel Smartsteam 2.2 liter, mesin MPi 3.5 liter, dan mesin V6 3.5 liter.

Kini variannya semakin bertambah, hanya saja KIA tidak menambah pilihan mesin, melainkan varian tipe bodi. Kali ini mereka menamakan varian KIA Carnival Hi Limousine. Dengan varian ini, KIA mencoba menghadirkan suasana limousine pada KIA Carnival. Berdasarkan konfigurasi jok yang lebih beragam, empat jok, tujuh jok, dan sembilan jok.

BACA JUGA  Update Daftar Harga Mobil LCGC Awal Tahun 2021 Di Indonesia

Menariknya, varian sedan Hi ternyata memiliki kondominium di bagian atap mobil. Ini tidak ditemukan pada model Karnaval KIA lainnya. Sekilas, mungkin ada yang mengira bahwa kondominium itu seperti roof box yang kita kenal. Selain itu, bentuknya mengingatkan pada roof box tempat biasa menyimpan barang.

Hanya saja konde bukan roof box. KIA tampaknya telah membuat sanggul, karena menempatkan atap mobil lebih tinggi dari versi standar. Tujuannya agar interior lebih lega dan penumpang lebih nyaman.

BACA JUGA  Nissan Magnite vs Kia Sonet, Duel SUV 5 Penumpang Rp 200 Jutaan

Hasilnya, ruang sedan KIA Carnival Hi memang jauh lebih lega. Pasalnya, headroom kini bertambah 291 milimeter. Ruang yang luas ini memberi KIA lebih leluasa dalam mendesain interior sedan KIA Carnival Hi.

Misalnya, memasang layar monitor pintar berukuran 21 inci. Layar monitor pintar tersebut bahkan dilengkapi koneksi HD DMB, HDMI dan USB untuk siaran televisi terestrial. Selain itu, layar dapat mencerminkan fungsi dan membaginya dengan ponsel pintar pemilik mobil.

Selain memasang fitur hiburan yang mumpuni, sedan KIA Carnival Hi ini juga memiliki konfigurasi tujuh tempat duduk. Dimana kedua kursi pada baris kedua berupa jok kapten yang memiliki pijakan kaki besar.

BACA JUGA  Pilihan Warna Dan Tampilan Baru Yamaha X-Ride 125

Sepertinya KIA ingin interior mobilnya terlihat seperti lounge. Hal tersebut dipertegas dengan hadirnya sistem pencahayaan premium dan penjernih udara yang membuat suasana interior semakin nyaman bagi penumpang.

KIA tidak hanya berbeda pada interiornya, tetapi juga menawarkan sedikit sentuhan pada bagian luarnya untuk membedakannya dengan varian lainnya. Beberapa penambahan telah dilakukan seperti: bumper depan baru, tangga samping, dan pelat pelindung underrun yang lebih stabil. Lampu rem belakang juga dikarakteristikkan dengan ukuran dan identitasnya yang istimewa melalui emblem “Hi Limousine” di pintu bagasi.

BACA JUGA  Ketahui Perbedaan Mesin Bensin dan Mesin Diesel

Untuk mesinnya, KIA menawarkan mesin bensin Smartstream G3.5 GDI V6 dengan output maksimal 294 hp dan torsi maksimal 355 Nm. Mobil ini diketahui memiliki banderol harga $ 54.450 atau setara Rp 760,9 juta.

Leave a Comment