BLT Subsidi Gaji Tahap Ke II Untuk 2,71 Juta Pekerja Cair Hari Ini

Kementerian Tenaga Kerja mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) pada periode kedua Tahap II untuk menyubsidi gaji pekerja di bawah Rp 5 juta. Itu didistribusikan kepada 2,71 juta karyawan.

“Alhamdululillah hari ini kami kembali menyalurkan termin kedua subsidi upah atau gaji bagi pekerja yang masuk dalam tahap II pada termin pertama lalu,” ungkap Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (13/11).

Dengan tambahan distribusi ini, Departemen Tenaga Kerja mendistribusikan BLT kepada 4,89 juta pekerja pada periode kedua. Total dana yang dikucurkan untuk penyaluran BLT melalui periode kedua ini adalah Rp 5,8 triliun.

BACA JUGA  Strategi Kemenperin Kurangi Pengangguran Dimasa Pandemi Covid-19

Ida menyatakan, pihaknya akan mempercepat penyaluran BLT periode kedua. Ia juga membantah jika pemerintah menunda distribusi tenaga BLT.
“Dulu kami mendapat informasi bahwa pendistribusian semester kedua ditunda. Ini tidak benar. Buktinya, Tahap II Tahap I sudah didistribusikan sejak Senin (9/11) dan berlanjut hari ini dengan Tahap II,” kata Ida.

Pemerintah juga melakukan asesmen berdasarkan pendistribusian BLT untuk pekerja dengan gaji di bawah Rp. 5 juta dalam jangka waktu pertama telah dibayarkan.
Penilaian ini dilakukan antara lembaga seperti Kementerian Ketenagakerjaan, BPJS Ketenagakerjaan, Bank BUMN, Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

BACA JUGA  Fakta BLT Subsidi Gaji Guru Honorer dan Ustadz Akan Cair Bulan Ini

“Kementerian Tenaga Kerja juga sudah melengkapi data perbandingan dengan DJP agar tunjangan upah bisa segera dibayarkan,” kata Ida.
Diketahui BLT Pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta merupakan salah satu program perlindungan sosial untuk menanggulangi pandemi Covid-19.

BLT ini diberikan kepada pekerja yang memenuhi persyaratan, Warga negara Indonesia (WNI) penerima upah yang terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan per 30 Juni 2020, memiliki upah di bawah Rp5 juta dan memiliki rekening aktif.

BACA JUGA  7 Prestasi Konkret Nabi Muhammad SAW Yg Sukses Jadi Pebisnis Muda

Pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp. 37,7 triliun dalam penyaluran BLT kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta. Selama ini BLT sudah didistribusikan kepada 12,4 juta pekerja.
Setiap penerima menerima dana sebesar Rp 2,4 juta. Namun, pendistribusiannya dilakukan dalam dua gelombang yang masing-masing menerima Rp 1,2 juta.

Leave a Comment