Berikut Profil Singkat Calon Kapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono

Kapolri Jendral Polisi Idham Azis akan pensiun pada Januari 2021. Sejumlah nama diprediksi bisa menggantikan Idham. Salah satunya adalah Komjen Pol Gatot Eddy Pramono.
Jenderal bintang tiga itu kini menjabat sebagai Wakil Kapolri menggantikan Komisaris Jenderal (purnawirawan) Ari Dono Sukmanto yang pensiun pada 1 Januari 2020. Pria kelahiran 28 Juni 1965 di Solok, Sumatera Barat ini merupakan perwira tinggi lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1988.

Gatot menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya pada 22 Januari 2019. Dia menggantikan Idham Azis, yang dimutasi menjadi Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (Kabareskrim).

BACA JUGA  16 Juta Bulk Vaksin Sinovac Datang Lagi Hari Ini Melalui Bandara Soetta

Gatot menghadapi beberapa tantangan di ibu kota selama menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Di antaranya, pelaksanaan Pemilu 2019, aksi demo 21-22 Mei 2019, hingga aksi unjuk rasa mahasiswa September 2019 . Saat itu, Gatot harus bekerja keras untuk memastikan Jakarta aman dan nyaman.

Gatot juga bertugas menjaga keamanan Indonesia saat Pilkada serentak 2018. Saat itu ia diangkat menjadi Ketua Satgas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Satgas).
Gatot juga pernah menjabat sebagai Kapolres Blitar. Selain itu, pernah bekerja sebagai Kapolres Metro Depok dan Kapolres Metro Jakarta Selatan pada tahun 2008.

BACA JUGA  Profil Singkat Komjen Listyo Sigit Sebagai Calon Tunggal Kapolri

Tahun 2011, dia didapuk sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Dir Reskrimum) Polda Metro Jaya. Kemudian menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri pada tahun 2012.
Selain itu dia juga pernah menjabat sebagai Kabagdukminops Robinops Sops Polri pada 2013. Tahun 2014, dia menjabat sebagai Karolemtala Srena Polri. Tahun 2016 mendapat promosi jabatan menjadi Wakapolda Sulawesi Selatan, tahun 2017 sebagai Sahlisosek Kapolri, dan awal 2019 dipromosikan menjadi Kapolda Metro Jaya.

Saat ini, Gatot tidak hanya menjabat sebagai Wakil Kapolri, tetapi juga Wakil Ketua Panitia Pelaksana COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Bersama Ketua Panitia Pelaksana Penanggulangan COVID-19 dan PEN, Jenderal TNI Andika Perkasa, keduanya sudah sering diutus ke sejumlah daerah untuk membantu penanganan pandemi Covid-19.

BACA JUGA  Daftar Mutasi Kapolda, Kapolda Metro Jaya dan Jabar Langsung Dicopot

Leave a Comment