Destinasi Wisata Alam di Wonosobo, Telaga Warna hingga Bukit Sikunir

Wonosobo memiliki sejumlah tempat wisata yang menjanjikan. Selain Dieng yang terkenal dengan pegunungan vulkanik aktifnya, kawasan di Jawa Tengah ini juga memiliki tempat wisata alam menarik lainnya yang cocok untuk wisatawan berlibur.

Misalnya objek green canyon yang instagramable. Lalu ada bukit untuk menikmati golden sunrise atau sunrise.
Jika berkesempatan berlibur ke Wonosobo, berikut beberapa destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi:

1. Telaga warna dan Telaga Pengilon

Kedua danau ini berada dalam satu area dan bersebelahan. Yang membedakannya adalah warna dan kandungan airnya. Lokasinya ada di Dieng Wetan, Wonosobo. Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai 5 sore.

BACA JUGA  Nikmati Destinasi Wisata Hutan Pinus Berselimut Kabut Di Watu Layah

Telaga Varna, seperti namanya, airnya bisa berubah warna menjadi hijau, kuning atau bahkan. Warnanya disebabkan oleh belerang, mineral, fosfat, dan alga tumbuhan.
Telaga Pengilon, sesuai dengan namanya “Ngilon” yang artinya kaca. Danau ini memiliki air yang jernih seperti kaca karena kandungan mineralnya yang tinggi.

“Di Telaga Warna mengandung belerang, mineral dan juga fosfat, dan alga juga bisa tumbuh di sana. Di Danau Pengilon kandungan mineralnya sekarang lebih tinggi,” kata Stefanny Eveline, moderator Geopark Indonesia, dikutip dari kanal resmi YouTube iNews. Kamis (11 Desember 2020).

BACA JUGA  5 Tujuan Wisata Terbaik Pilihan Wisatawan, Bali Termasuk Salah Satunya

Kedua danau ini menjadi objek wisata utama di Wonosobo karena keunikan warna masing-masing telaga membuat banyak orang penasaran dengan keindahan tempat ini. Bagaimana dengan anda, apakah Anda tertarik?

2. Batu Angkruk

Bagi yang ingin foto instagramable bisa datang ke Batu Angkruk yang terletak di Jalan Dieng, Rejosari, Tambi, Kejajar, Wonosobo. Objek wisata ini memiliki jembatan kaca di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut.

Dengan pemandangan alam dataran tinggi Dieng yang asri dan hijau, jepretan anda pasti bakal keren banget.

BACA JUGA  Destinasi Wisata Alam Keluarga, Sikembang Park Batang Jawa Tengah

Jembatan kaca ini memiliki lebar 18,6 x 2,3 meter dan dapat menampung maksimal 10 orang. anda perlu bersabar jika ingin berfoto di jembatan kaca ini karena keramaian wisatawan terutama di akhir pekan dan hari libur.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

3. Lubang Sewu

Tempat wisata ini hanya ada saat musim kemarau datang. Pasalnya, Lubang Sewu tertutup air saat air Waduk Wadaslintang naik.

Namun saat musim kemarau datang, tumpukan bebatuan putih dengan bentuk yang unik muncul, terutama pemandangan air waduk yang membuat suasana serasa berada di luar negeri. Tempat ini juga dikenal dengan Ngarai Hijau Wonosobo.

BACA JUGA  5 Destinasi Wisata Bahari Di Sulawesi Tenggara

Lubang Sewu terletak di Jurutengah, Erorejo, Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo dan buka 24/7.

4. Bukit Sikunir

Bagi yang ingin melihat sunrise, Bukit Sikunir cocok dikunjungi. Berada di ketinggian 2.300 mdpl, bukit ini menjadi tempat terbaik untuk menikmati golden sunrise.

Selain sunrise, pemandangan telaga Cebong dari atas bukit tampak cantik. Waktu terbaik untuk menuju Bukit Sikunir adalah saat musim kemarau karena cuaca tidak terlalu dingin dan tidak berkabut.

Situs tersebut terletak di Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. WIB buka setiap hari dari jam 2 pagi sampai 6 sore.

BACA JUGA  Ingin Mendaki? Ini Wisata Gunung di Jawa Timur yang Wajib Kamu Coba

Leave a Comment