Bahan Skincare Sehat Dan Aman Untuk Ibu Hamil Agar Tetap Glowing

Gejala yang berkaitan dengan perubahan kulit selama kehamilan sering terjadi pada kebanyakan wanita, dari kulit kusam dan kering hingga jerawat. Selain itu, ibu hamil enggan menggunakan produk perawatan kulit karena takut membahayakan janin.

Disuarakan oleh Spesialis Dermatologi & Gender, Dr. Suksmagita Pratidina, Sp. Z oo KK, pada dasarnya kulit ibu hamil bisa menjadi lebih sensitif. Ini tetap membuat wanita hamil menjadi produk perawatan kulit yang sederhana, efektif, tetapi aman untuk ibu dan janin.

BACA JUGA  Cek Syarat dan Ketentuannya, BLT Ibu Hamil Rp3 Juta Cair Lagi April 2021

“Prinsipnya adalah cleansing, mosturizing, dan protecting. Pilihan sabun untuk pembersih disarankan tanpa scrub dan pewangi karena kulit ibu hamil sangat sensitif, ujarnya dalam acara virtual dengan RS Pondok Indah, Rabu 11 November 2020.

Menurut dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah-Bintaro Jaya ini, pemilihan terapis yang aman dengan kandungan asam hialurat, ceramide dan peptida juga dianjurkan. Nah, ibu hamil juga membutuhkan pelembab yang memiliki bahan yang bisa mencerahkan wajah agar bersinar.

BACA JUGA  Kesalahan Mendidik Anak Yg Bisa Mempengaruhi Kesehatan Mentalnya

“Warna kulit coklat juga lebih mudah menggelap saat hamil, jadi bisa pakai lightening sekaligus aman. Misalnya yang mengandung niacinamide, azalic acid, arbutin, licorice, dan kojic acid,” kata Dokter Suksma.

Antioksidan juga baik untuk kebutuhan harian ibu hamil, seperti vitamin C, vitamin E, dan asam ferulic. Sementara itu, kulit ibu hamil juga perlu dieksfoliasi karena regenerasi kulit cenderung lebih lambat selama kehamilan. Kandungan AHA dengan komponen asam laktat dan glikol adalah yang paling aman dan efektif untuk ibu hamil.

BACA JUGA  Tips Mengatasi Kulit Kering Karena Sering Mencuci Tangan

Untuk perlindungan diri, tabir surya adalah jawaban yang tidak boleh dilewatkan. Sekali lagi, wanita hamil harus lebih detail dalam melihat kandungnannya. Disarankan memilih jenis physical sunscreen dibanding chemical sunscreen lantaran bahan tersebut tidak terserap ke bawah kulit.

“Secara fisik tabir surya tetap menyerap. Bahan aman yang disarankan adalah zinc oxide, titanium dioxide, iron oxide. SPF tinggi dan non comedogenic, tidak menyebabkan iritasi sehingga kulit tidak iritasi atau rentan berjerawat,” ujarnya.

BACA JUGA  Pengertian, Hukum Dan Tata Cara Membayar Zakat Fitrah

Leave a Comment