Honda X-ADV Generasi Kedua Diluncurkan, Bertenaga Dan fungsional

HondaMotor baru saja resmi merilis skutik petualang Honda X-ADV generasi kedua. Tak main-main, ubahan pada skutik petualangan bukan hanya tampilan, melainkan ubahan ekstensif yang membuat skutik ini semakin menawan. Salah satunya adalah bodi mesin yang kini lebih ringan 3 kilogram dari Honda X-ADV generasi pertama.

Soal mesin, Honda tetap mempertahankan mesin lamanya yaitu mesin twin paralel berpendingin cairan berkapasitas 745 cc. Yang menarik, mesin ini sebenarnya sudah dirombak oleh Honda sehingga bisa menambah tenaga mesin 3hp lebih lama. Kini mesinnya mampu menghasilkan tenaga 57,8 hp pada 6.750 rpm dan torsi maksimal 69 Nm pada 4.750 rpm. Honda mengklaim motor ini juga merupakan motor petualang yang sadar lingkungan karena telah mengadopsi sistem pembuangan Euro 5.

BACA JUGA  Spesifikasi Toyota Corolla Cross Hybrid Versus Nissan Kicks e-Power

Untuk transmisinya, Honda juga melakukan revisi di mana transmisi enam percepatan kopling ganda kini bisa menyampaikan rasa akselerasi yang cepat di gigi bawah. Sementara saat transmisi di gigi atas, Honda berusaha menjaga kecepatan mesin untuk menjaga efisiensi bahan bakar.

Kontrol sepeda motor yang dilengkapi dengan fungsi ride by wire memungkinkan pengendara skutik ini memilih lima mode berkendara yaitu standar, sport, rain, gravel dan user. Pada empat mode pertama, distribusi tenaga, pengereman mesin, kontrol traksi, dan ABS sudah disetel sehingga tidak bisa dirusak. Namun, dalam mode pengguna, pengemudi dapat mengatur kontrol traksi yang diinginkannya melalui tiga opsi tingkat traksi.

BACA JUGA  Honda Rilis MSX125 Grom Motor Mungil Terbaru

Dari segi desain, motor ini masih mempertahankan desain yang pertama kali diperkenalkan Honda dengan motor konsep Honda X-ADV Concept. Anda mungkin tidak bisa membedakan antara Honda X-ADV generasi pertama dan Honda X-ADV generasi kedua. Namun pada motor generasi kedua, Honda membuatnya jauh lebih agresif dan futuristik. Pemasangan lampu depan LED yang dapat dipadukan dengan baik dengan LED daytime running lights (DRL) menjadikan motor ini sebagai skutik petualangan yang sangat modern dan mewah.

BACA JUGA  Survey Membuktikan Honda Brio Jadi Pilihan Favorit Generasi Z

Dari segi fungsionalitas, motor ini telah mengalami perubahan pada desain jok mesinnya. Jok sepeda motor dibuat lebih melengkung ke dalam agar pengendara tanpa postur tinggi dapat dengan nyaman naik dan mengontrol sepeda motor.

Fungsi selanjutnya ditambahkan dengan bagasi yang lebih besar dengan 22 liter. Bagasi dapat dengan mudah menyimpan helm full-face. Selain itu kapasitas glove boks Honda X-ADV telah ditingkatkan, yang kini bisa digunakan untuk menyimpan botol minuman 1,2 liter. Honda juga mengganti soket 12 V di kompartemen glove boks, yang digunakan untuk mengisi baterai smartphone melalui port USB. Jadi pengemudi tidak perlu repot mencari alat tambahan untuk mengisi daya smartphone-nya. Cukup colokkan kabel ke port USB dan baterai smartphone akan segera terisi ulang.

BACA JUGA  Skutik Buatan China Lifan KPV150 Yang Mirip Dengan Honda ADV150

Leave a Comment