Berikut Cara Menukarkan Tabung Gas 12 Kg Warna Biru ke Bright Gas

PT Pertamina (Persero) saat ini sedang mengganti seluruh tabung gas elpiji 12 kg warna biru dengan tabung gas berwarna pink. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen.
Bagaimana pelanggan bisa mengganti tabung gas LPG warna biru 12 kg menjadi Bright gas 12 kg?

Plt. Vice President Corporate Communication Pertamina Heppy Wulansari mengatakan tabung LPG biru bisa ditukar dengan gas berwarna pink di semua agen gas. Prosesnya seperti membeli gas pada umumnya.

BACA JUGA  Kebijakan New Normal Tidak Efektif Tingkatkan Perekonomian Indonesia

Masyarakat hanya perlu membeli tabung gas dari agen gas seperti biasa dan menyerahkan tabung gas biru tersebut ke agen . Nanti agen akan memberikan tabung gas berwarna pink, jika ada suplai.
“Cuma proses natural, tidak ada batasan waktu. Konsumen dengan tabung biru 12 kg hanya perlu beralih ke Bright gas 12 kg saat isi ulang. Saat isi ulang, tabung yang dikembalikan adalah bright gas jika pasokan tersedia di agen,” kata Heppy , Kamis (12/11).

BACA JUGA  Berikut Daftar Prediksi Kenaikan Harga di 2021, dari Sawit hingga Meterai

Heppy mengatakan tidak ada biaya tambahan untuk mengganti tabung gas. Artinya masyarakat hanya membeli gas seperti biasa.
Penggantian tabung dilakukan oleh Pertamina tanpa biaya tambahan dan harga isi ulang sama dengan harga tabung LPG biru 12 kg, jelas Heppy.

Dia menegaskan, harga tabung gas 12 kg warna pink sama dengan harga tabung gas LPG biru 12 kg. Namun, harga elpiji tiap daerah berbeda-beda.
“Bergantung jarak distribusi dari supply point. Kalau dulu harga selisih Rp2.000, bright gas Rp141 ribu dan tabung biru Rp139 ribu. Sekarang semua jadi Rp139 ribu,” jelas Heppy.

BACA JUGA  Cara Cek Hasil Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 12

Penukaran tabung gas elpiji 12 kg biru dengan tabung bright gas 12 kg berwarna terang tersebut berlangsung agar kedepannya penyaluran Pertamina lebih terkonsentrasi pada produk kemasan yang sama.

Pasalnya, tabung gas biru dan bright gas selama ini memiliki spesifikasi, dimensi, dan isi yang sama. “Namun, ini dilakukan secara bertahap. Itu tidak berarti bahwa tabung biru otomatis tidak berlaku lagi,” tutup Heppy.

Leave a Comment