Program Kartu Prakerja Akan Berlanjut Hingga Tahun 2021

Pemerintah berencana memperpanjang beberapa program stimulus ekonomi hingga kuartal pertama 2021. Menurut Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, hal itu dilakukan untuk menunjang daya beli masyarakat.
Salah satu program pemulihan ekonomi dari COVID-19 yang terus berkembang, termasuk program Kartu Pra Kerja.

“Beberapa program stimulus ekonomi, baik yang terkait dengan program KUR maupun subsidi lainnya, akan dilanjutkan pada triwulan I 2021. Dukungan daya beli tetap akan dilakukan pada tahun 2021, subsidi KUR dan kartu prakerja persiapan nafas untuk menjaga daya beli yang ada” Kata Airlangga pada konferensi pers BNPB, Senin (9/11/2020).

BACA JUGA  Cara Cek Pencairan BLT Gaji Gelombang 2 yang Ditransfer Minggu Ini

Untuk tujuan informatif, program ini memberikan manfaat sebesar Rp 3.550.000 kepada setiap peserta. Namun, insentif tersebut dibayarkan setelah pelatihan selesai.
Rincian insentif itu sendiri adalah hibah pelatihan sebesar Rp 1.000.000, insentif untuk menyelesaikan program pelatihan empat bulan sebesar Rp 600.000 per bulan, dan insentif survei pekerjaan sebesar Rp 150.000.

Airlangga juga mengatakan masih ada program bantuan yang harus dilanjutkan hingga 2021.
Airlangga mengatakan, program restrukturisasi pinjaman akan terus terasa pada 2021. Menurutnya, pelaksanaan program keringanan cicilan ini masih sangat rendah.

BACA JUGA  Link Terbaru Cek Bansos 2021: https://cekbansos.kemensos.go.id

“Sektor yang perlu didorong juga restrukturisasi korporasi, ini masih 25%. Jadi program POJK restrukturisasi akan berjalan hingga 2021,” kata Airlangga.
Hingga akhir tahun ini, pemerintah akan fokus melaksanakan program pemulihan ekonomi terkait perlindungan sosial.

Ia mengatakan program bantuan produktif presiden sebesar Rp 2,4 juta untuk UMKM akan dipercepat. Ada juga Gaji BLT alias upah bersubsidi Rp 600 ribu per bulan untuk pegawai dengan gaji di bawah 5 juta yang juga dipercepat.

BACA JUGA  Segera Login www.prakerja.go.id, Untuk Daftar Prakerja Gelombang 13

“Kita pasti promosikan perlindungan sosial, UMKM dan kelembagaan. Tentu kita dukung programnya semaksimal mungkin jika kita dorong dukungan seperti dukungan presiden yang produktif, UMKM dan kemudian subsidi upah,” kata Airlangga.

Leave a Comment