Kerumunan Massa Sambut Rizieq Sebabkan Kemacetan Masuk Bandara

Jalan Lingkar Selatan di sekitar Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng ditutup total menjelang kembalinya Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dari Arab Saudi, Selasa (10/11) pagi.
kendaraan bermotor memadati Jalan Gelora, pintu masuk Perimeter Selatan pada pukul 06.11 WIB. Mereka terjebak tepat di depan gerbang masuk bandara.

Kendaraan mengular sekitar 300 meter. Penduduk setempat memberi rambu-rambu kendaraan bermotor menuju bandara.
“Enggak bisa, tutup semua, putar balik,” kata warga.

Kebanyakan orang yang menunggu di tempat ini adalah para karyawan. Salah satunya mengaku sebagai pilot yang akan terbang. Mereka datang dengan menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi.
Para karyawan bertengkar dengan petugas di gerbang masuk. Mereka meminta untuk diizinkan masuk karena jam kerja akan segera dimulai. Mereka bahkan menunjukkan kartu identitas bandara mereka.

BACA JUGA  Ratusan Pengungsi Rohingya Kembali Masuk ke Indonesia

Meski begitu, petugas tidak mengizinkan mereka masuk. Semua akses bandara ditutup jelang kepulangan Rizieq karena insiden keramaian tadi malam.
“Biasanya masuk saja, check-in. Saya tidak tahu ini,” kata seorang karyawan Lion Air yang enggan disebutkan namanya di lokasi.

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab meninggalkan Arab Saudi pada Senin (9/10) waktu setempat. Ia dijadwalkan tiba di Jakarta pukul 09.00 WIB pagi ini. Sebelum pesawat mendarat, jalan tol menuju Bandara Soetta sudah disesaki massa pendukung Rizieq.

BACA JUGA  Akan Segera Pulang, FPI Sebut Habib Rizieq Sudah Tak Dicekal

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta warga atau pendukung Rizieq tidak membuat keributan. Riza mengingatkan, kondisi penyebaran virus corona (Covid-19) belum mereda.

“Enggak usah datang berbondong-bondong. Perwakilannya cukup banyak yang menjemput, doakan aja untuk keselamatan dan sebagainya,” kata Riza saat dihubungi , Senin (9/11) malam.
Bagi warga yang masih ngotot datang menjemput Rizieq, politikus Partai Gerindra itu meminta mereka mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Mereka diimbau untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

BACA JUGA  Besok Habib Rizieq Shihab Akan Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya

Riza tak ingin momentum Rizieq kembali membuat cluster baru Covid-19 tersebar di Jakarta.
“Habib Rizieq akan pulang, tapi nanti jangan sampai masyarakat tertular di antara mereka. Protokol Covid harus dijaga,” ujarnya.

Leave a Comment