Cara Jitu Amankan Akun WhatsApp Dari Peretasan Dan Kejahatan Cyber

WhatsApp adalah sasaran empuk bagi penjahat dunia maya. Pengguna juga perlu waspada dan menerapkan cara-cara mengamankan akun WhatsApp.
Keamanan untuk akun WhatsApp sangat penting karena terdapat berbagai penipuan, hoax dan pesan yang mengandung malware di WhatsApp. Untuk membantu pengguna melindungi diri mereka sebaik mungkin, tim WhatsApp merilis lima cara pengamanan akun WhatsApp berikut.

1. Two-step verification (verifikasi dua langkah)
Verifikasi dua langkah adalah lapisan keamanan tambahan untuk akun. Anda akan diminta untuk membuat PIN yang merupakan angka 6 digit dan WhatsApp akan memintanya saat mengatur ulang atau memverifikasi akun Anda.

BACA JUGA  Mengenal Aplikasi Olah Pesan BiP Buatan Turki Pengganti WhatsApp

2. Update pengaturan privasi profil
Anda dapat mengontrol berapa banyak orang yang dapat melihat foto profil dan status Anda yang terakhir dilihat di WhatsApp. Untuk mengubah pengaturan ini, buka Pengaturan – Privasi.

3. Atur pengaturan privasi group chat
Gunakan fitur ini untuk mengontrol siapa yang dapat menambahkan Anda ke grup WhatsApp. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan di WhatsApp – Grup Privasi Akun dan pilih salah satu dari tiga opsi:
Everyone, My Contacts, atau My Contacts Except.
My Contacts artinya hanya orang-orang yang ada di kontak kalian yang bisa menambahkan ke grup WhatsApp. My Contacts Except, artinya kontrol tambahan untuk pengecualian orang yang sudah ada di kontak kalian.

BACA JUGA  Berikut Daftar Harga iPhone 12 Yang Dirilis di Indonesia Hari Ini

4. Kunci dengan Touch ID atau Face ID
Anda dapat memutuskan apakah WhatsApp akan diblokir secara otomatis saat tidak digunakan atau setelah tidak aktif selama beberapa saat. Touch ID (dengan sidik jari) atau Face ID (dengan pengenalan wajah) adalah fitur keamanan tambahan yang penting.

Opsi terakhir untuk mencadangkan WhatsApp adalah memperbarui aplikasi dengan hati-hati. Pembaruan aplikasi selalu menghadirkan fungsi keamanan baru. Jika ponsel Anda tidak diatur untuk memperbarui secara otomatis, Anda perlu memperbarui aplikasi secara manual dengan mengunjungi Google Playstore App Store atau App Store, mencari WhatsApp dan mengetuk Perbarui.

BACA JUGA  Sebelum Resmi Dirilis, Begini Cara Masuk Ke Free Fire Advance Server

5. Update WhatsApp secara berkala
Opsi terakhir untuk mencadangkan WhatsApp adalah memperbarui aplikasi dengan hati-hati. Pembaruan aplikasi selalu menghadirkan fungsi keamanan baru. Jika ponsel Anda tidak diatur untuk memperbarui secara otomatis, Anda perlu memperbarui aplikasi secara manual dengan mengunjungi toko aplikasi Google Playstore atau App Store, mencari WhatsApp dan mengetuk Perbarui.

Leave a Comment