Bahan Alami Untuk Meredakan Batuk yang Mudah Ditemui Dirumah

Batuk berperan dalam meredakan iritasi dan infeksi pada saluran tubuh. Namun, batuk yang terus-menerus dapat mengganggu aktivitas. Berbagai bahan pereda batuk bisa dicoba, salah satunya menggunakan bahan alami.
Dikutip dari insider, berikut 6 pengobatan alami yang bisa membantu meredakan batuk:

1. Madu
Madu memiliki khasiat yang sama sebagai penekan batuk yaitu mengandung dekstrometorfan untuk melegakan tenggorokan. Campur 2 sendok teh madu dengan air hangat, lalu minum dua kali sehari. Jangan menularkannya kepada anak di bawah 1 tahun.

BACA JUGA  7 Makanan Yang Dapat Turunkan Imun Dan Buat Anda Gampang Sakit

2. jahe
Jahe memiliki khasiat anti inflamasi yang dapat membantu meredakan batuk kering dan mual. Trik pembuatan teh jahe dengan menambahkan 20-40 gram irisan jahe ke dalam secangkir air panas adalah dengan diamkan beberapa menit sebelum diminum. Tambahkan madu atau jus lemon sesuai selera dan lebih cepat meredakan batuk.

3. Air garam
Air garam dapat mengurangi dahak dan lendir di tenggorokan, yang dapat membantu meredakan batuk. Aduk setengah sendok teh garam dalam secangkir air hangat sampai larut. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas mulut Anda dengan itu.

BACA JUGA  5 Jenis Karbohidrat Yang Baik Untuk Program Turunkan Berat Badan

Saat Anda berkumur, biarkan larutan di tenggorokan Anda selama beberapa menit, lalu keluarkan. Berkumurlah beberapa kali sehari sampai batuknya membaik.

4. Uap panas
Mandi atau berendam air panas dapat membantu meredakan batuk. Diamkan di dalam uap tersebut selama beberapa menit lalu minum segelas air untuk mendinginkan dan menghindari dehidrasi.

Anda juga bisa menyiapkan semangkuk air panas lalu tambahkan minyak kayu putih atau aroma herbal. Letakkan handuk di atas kepala Anda dan hirup uap dari mangkuk selama 5 menit. Jika uap terasa panas saat disentuh, segera hentikan penggunaannya.

BACA JUGA  Kurang Vitamin D Bisa Beresiko Tertular Covid-19

5. Minuman hangat
Selain batuk, minuman hangat juga bisa meredakan sakit tenggorokan, menggigil, dan kelelahan. Beberapa minuman hangat yang bisa dikonsumsi untuk meredakan batuk antara lain teh hangat, jus buah hangat, dan teh herbal.

6. Bromelain pada nanas
Selain sebagai anti inflamasi, bromelain mengandung sifat mukolitik yang dapat mengeluarkan lendir penyebab batuk di dalam tubuh. Beberapa orang mengonsumsi jus nanas setiap hari untuk meredakan batuk.

Leave a Comment