Fakta Dan Mitos Ayam Broiler vs Ayam Kampung, Mana yang Lebih Baik?

Daging ayam diketahui mengandung nutrisi dan mineral seperti protein, vitamin B, vitamin A, vitamin D, fosfor, dan zat besi. Maka tak heran jika ayam menjadi salah satu sumber makanan favorit masyarakat.

Ayam sendiri memiliki banyak jenis. Sebut saja ayam broiler dan ayam kampung. Ketika diminta untuk memilih di antara keduanya, cukup banyak yang akan memilih ayam yang bersumber secara lokal. Pasalnya, anggapan masyarakat bahwa ayam pedaging tidak sehat. Benarkah itu?

BACA JUGA  Resep Cara Buat Camilan Perkedel Jagung Manis Dan Renyah

Manakah dari dua jenis ayam berikut yang lebih baik? Berikut ini ikhtisar dari Ahli Kesehatan Masyarakat Veteriner Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. drh. Denny Lukman, M.Si. dalam konferensi virtual JAPFA bertajuk “Ayam Sumber Protein Hewani: Fakta dan mitos”.

1. Ayam Broiler dikatakan berbahaya karena diberi hormon

Terkait hal itu, Denny mengatakan ayam pedaging tidak pernah diberi hormon. Ia menjelaskan karena perbaikan genetik dan pengaturan makan, ayam broiler tumbuh dengan cepat.
Selain itu, menurutnya pemberian hormon juga kurang efisien, juga dari segi harga. Belum lagi energi yang harus disuntikkan ayam di peternakan.
“Suntik hormon itu mahal. Kalau ayam disuntik hormon Rp 10.000, berapa yang harus dikeluarkan peternak untuk menyuntik ribuan ayam? Konsumen protes ketika harga naik Rp 2.000,” ujarnya.

BACA JUGA  Resep Fish & Chips Enak Dan Mudah, Bisa Dibuat Di Rumah

2. Makan daging ayam broiler berisiko keracunan

Masyarakat beranggapan bahwa konsumsi ayam broiler dapat menyebabkan keracunan. Asumsi tersebut berdasarkan beberapa penelitian yang menemukan bahwa hampir 67 persen ayam pedaging mengandung bakteri Escherichia coli. Terkait hal tersebut, Denny menyatakan bahwa semua daging akan mengandung bakteri E. coli jika tidak ditangani dengan baik.

“Bakteri E. coli adalah bakteri yang hidup secara alami di dalam saluran usus manusia dan hewan. Jika diolah dengan baik dengan air kotor, kita dapat menemukan bakterinya. Oleh karena itu, penting juga untuk membeli daging yang memiliki surat keterangan kendaraan niaga. diterima, “jelasnya.

BACA JUGA  Resep Nasi Goreng Mawut Mudah Dan Enak Untuk Sarapan

3. Ayam kampung vs ayam broiler mana lebih sehat?

Denny menjelaskan, baik ayam kampung maupun broiler memiliki kandungan gizi yang sama dalam hal pola makan. Namun, untuk kandungan lemaknya, ayam kampung jauh lebih sedikit dibandingkan ayam pedaging.

“Bedanya paling di struktur daging. Kalau daging ayam kampung yang diumbar bebas relatif keras. Makanya kenapa ayam kampung dimasak lama enggak akan rusak,” kata dia.

Leave a Comment