Tidak Hanya Hangatkan Badan, Ini Manfaat lain Minum Air Hangat!

Di musim hujan, minum air hangat bisa menjadi pilihan untuk menghangatkan tubuh. Padahal, air hangat tak hanya cocok diminum di cuaca dingin. Karena air hangat ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Air hangat sangat disarankan untuk membuka hari Anda. Segelas air hangat dapat meningkatkan sistem pencernaan Anda dan menawarkan sejumlah manfaat kesehatan.

Beberapa penelitian juga menunjukkan manfaat kesehatan dari air hangat. Apakah Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang manfaat air minum?

BACA JUGA  Beragam Manfaat Kesehatan Dibalik Pahitnya Tanaman Sambiloto

 

Menurut Healthine, ada sejumlah manfaat mengonsumsi air hangat secara rutin:

 

1. Menurunkan berat badan

Air hangat dapat membantu tubuh menurunkan suhu internal dan meningkatkan metabolisme. Air hangat juga bisa menghilangkan lemak dalam tubuh dan membantu menurunkan berat badan. Agar lebih nikmat, Anda bisa meminum air hangat dengan campuran lemon atau madu (atau keduanya) setelah makan. Lemon sangat baik untuk anda yang sedang diet karena mengandung serat pektin yang dapat membantu mengontrol rasa lapar.

BACA JUGA  Tanda Masalah Kesehatan Serius Yang Diberikan Oleh Tubuh Anda

2. Memperbaiki pencernaan

Ketika air hangat mengalir ke usus lambung, organ pencernaan terhidrasi dengan baik. Nah aliran air hangat inilah yang mengikis sampah di usus. Air hangat juga berfungsi sebagai pelumas, yang dapat membuat pencernaan lebih mudah.

3. Atasi sembelit

Jadi jika Anda sering mengalami sembelit, Anda bisa mencoba minum air hangat secara rutin. Sembelit disebabkan oleh penumpukan kotoran di usus yang memperlambat kerja usus besar. Segelas air hangat di pagi hari dapat meningkatkan kerja usus besar untuk berkontraksi dan mengeluarkan kotoran dari tubuh.

BACA JUGA  Info Menarik, Berikut jenis Anti Septik Yang Ampuh Bunuh Virus

4. Meredakan hidung tersumbat

Jika Anda masuk angin dan hidung tersumbat, cobalah minum segelas air hangat. Akan lebih efektif jika Anda menambahkan jahe. Kombinasi keduanya menghilangkan ketegangan pada hidung Anda. Minum air hangat bisa mencegah pembentukan selaput lendir saat flu.

5. Menghilangkan racun dari dalam tubuh

Minum air hangat membantu mengeluarkan racun berbahaya dalam tubuh dan membersihkan sistem kita. Saat kita meminumnya secara teratur, sistem endokrin dalam tubuh kita diaktifkan dan tubuh berkeringat. Racun dikeluarkan dari tubuh melalui keringat.

BACA JUGA  10 Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

7. Mengurangi stres

Jika Anda merasa stres, minum air hangat perlahan bisa meredakannya. Minum air hangat bisa mengendurkan otot sehingga kadar hormon kortisol (yang menyebabkan stres) menurun.

Leave a Comment