9 Cara Sehat Menurunkan Berat Badan Tanpa Lakukan Program Diet

Bagi sebagian orang, salah satu hal tersulit untuk mengambil langkah nutrisi adalah menurunkan berat badan.
Pikirkan tentang diet ketat, sesuaikan diet sebaik mungkin, tetapi cukup banyak yang pada akhirnya gagal.

Salah satu penyebab kegagalan adalah sikap ingin segera menurunkan berat badan. Padahal, diet instan memiliki beberapa efek terhadap metabolisme tubuh.
Saat Anda memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan, langkah pertama adalah membuat perubahan sederhana pada gaya hidup Anda.

Berikut beberapa tips penurunan berat badan yang bisa Anda coba tanpa merasa terlalu diet, seperti dilansir WebMD.

BACA JUGA  Beberapa Cara Alami Mengeluarkan Dahak Saat Gangguan Tenggorokan

1. Sarapan setiap hari

Makan sarapan setiap hari adalah kebiasaan umum di antara banyak orang yang berhasil menurunkan berat badan dan berhasil mempertahankannya.
“Banyak orang berpikir melewatkan sarapan adalah cara yang bagus untuk menghemat kalori, tetapi mereka biasanya makan lebih banyak sepanjang hari,” kata Elizabeth Ward, penulis The Pocket Idiot’s Guide to the New Food Pyramids.

Menurut Ward, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan pagi memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih rendah daripada orang yang melewatkan sarapan.
Cobalah semangkuk sereal gandum dengan buah dan susu rendah lemak untuk mengawali hari dengan cepat dan bergizi.

BACA JUGA  Coba Terapkan 4 Langkah Berikut Untuk Tingkatkan Kinerja Laptop Anda

2. Tutup dapur pada malam hari

Atur waktu untuk berhenti makan agar Anda tidak melewatkan camilan atau camilan saat menonton TV.
“Minumlah secangkir teh, hisap permen, atau nikmati semangkuk kecil es krim ringan atau yogurt beku jika Anda menyukai sesuatu yang manis setelah makan malam, tetapi kemudian sikat gigi untuk menghindari makan atau minum. ” “saran Elaine Magee, penulis Comfort Food Makeovers.

3. Pilih kalori cair dengan bijak

Minuman manis memang tinggi kalori tapi tidak mengurangi rasa lapar seperti makanan padat.
Hilangkan dahaga Anda dengan air putih, air soda dengan jeruk, susu skim atau susu rendah lemak atau jus buah dalam porsi kecil.
Selain itu, cobalah segelas jus sayuran bergizi rendah kalori untuk mencegah rasa lapar di antara waktu makan. Hati-hati dengan kalori alkohol, yang bertambah dengan cepat.

BACA JUGA  Tips Dan Trik Yang Harus Anda Lakukan Agar Baterai HP Tahan Lama

4. Makan makanan bergizi

Makan banyak buah dan sayuran rendah kalori dan bervolume tinggi menghalangi makanan lain yang lebih tinggi lemak dan kalori.
Penulis The Volumetrics Eating Plan, Barbara Rolss, menyarankan untuk membuang daging dari tengah piring Anda dan menumpuk sayurannya. Atau coba mulai makan siang atau makan malam dengan salad sayuran atau semangkuk kaldu.

“Isi dapur Anda dengan banyak buah dan sayuran dan tambahkan beberapa porsi untuk setiap makanan dan camilan,” kata Ward.

BACA JUGA  Cara Mudah Kenali Gejala Kanker Payudara Sejak Dini

5. Gandum

Mengganti biji-bijian seperti roti dan pasta dari biji-bijian utuh, serta nasi merah, menambah serat yang sangat dibutuhkan dan membuat Anda cepat merasa kenyang, sehingga Anda cenderung makan dengan porsi yang layak.

6. Kendalikan lingkungan Anda

Strategi sederhana lainnya untuk mengurangi kalori adalah mengendalikan lingkungan Anda.
Dari mengisi dapur Anda dengan banyak pilihan sehat hingga memilih restoran yang tepat. Itu berarti menghindari godaan dengan menjauh dari restoran makan sepuasnya.
Dan ketika datang ke pesta, Ward menyarankan kamu untuk makan snack sehat terlebih dahulu agar tidak kelaparan dan lebih selektif saat mengisi piring di buffet.
Tunggu setidaknya 15 menit sebelum kembali makan lebih banyak dan minum segelas besar air.

BACA JUGA  Enam Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan

7. Gunakan wadah makan kecil

Jika Anda mengurangi porsi Anda 10 hingga 20 persen, Anda akan menurunkan berat badan.
Sebagian besar porsi yang disajikan di restoran dan di rumah lebih besar dari yang Anda butuhkan.
Brian Wansink, penulis Mindless Eating, menyarankan untuk mengontrol makanan Anda dengan mangkuk kecil, piring, dan cangkir.

“Anda tidak akan merasa kehilangan karena makanan terlihat berlimpah di atas alat makan kecil,” katanya.

8. Sepuluh ribu langkah sehari

BACA JUGA  Ragam Manfaat Ubi Dan Cara Mengolahnya Untuk Diet

Tingkatkan langkah Anda setiap hari, setidaknya 10.000 langkah sehari. Sepanjang hari, cobalah melakukan apa pun untuk menjadi lebih aktif, mulai dari berjalan sambil berbicara di telepon hingga membawa hewan peliharaan berjalan-jalan.

9. Kandungan protein di setiap makan

Menambahkan sumber protein tanpa lemak atau rendah lemak ke setiap makanan dan camilan akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tidak makan berlebihan.
Cobalah yogurt rendah lemak, kacang-kacangan dalam porsi kecil, selai kacang, telur, kacang-kacangan, atau daging tanpa lemak. Para ahli juga merekomendasikan makan kecil, sering makan dan camilan (setiap 3-4 jam), untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil dan menghindari makan berlebihan.

BACA JUGA  Apakah Benar Hanya Dengan Minum Susu Bisa Membersihkan Paru Paru?

Leave a Comment