Minuman Yang Dapat Merusak Sistem Imun Tubuh Anda

Sistem kekebalan harus dijaga dengan baik selama pandemi. Untuk melindungi diri sendiri, hindari jenis minuman tertentu yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh.
Sistem kekebalan itu sendiri bertanggung jawab atas kekebalan, yang merupakan pertahanan tubuh terhadap ancaman penyakit luar.

Padahal, apapun yang masuk ke dalam mulut bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat meningkatkan sistem kekebalan, tetapi yang lain justru dapat menguranginya.

Berikut ini beberapa jenis minuman yang bisa merusak sistem kekebalan tubuh dengan mengandalkan berbagai sumber:

1. Minuman ringan
Terlepas dari jenisnya, minuman bersoda jelas tidak baik untuk kesehatan Anda. Mengandalkan hiperbiotik, minuman bersoda dikemas dengan bahan buatan, termasuk pemanis seperti aspartam. Tak satu pun dari bahan buatan ini dapat membantu menjaga fungsi kekebalan.
Penelitian telah menunjukkan bahwa bahan-bahan ini mengurangi kapasitas bakteri baik di usus dan dapat mempengaruhi metabolisme glukosa secara negatif. Kedua hal tersebut dapat mempengaruhi penurunan kemampuan tubuh dalam merespon potensi ancaman penyakit luar.

2. Minuman dengan kadar gula tinggi
Berbagai jenis minuman kemasan tersedia di pasaran. Sayangnya, banyak dari minuman kemasan ini mengandung gula tinggi dan buruk untuk kekebalan.
Konsumsi gula dikatakan dapat menekan sel kekebalan. Mengutip Web MD, sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan atau minum delapan sendok makan gula (setara dengan minuman ringan) dapat menurunkan kemampuan sel darah putih untuk membunuh kuman.

3. Minuman beralkohol
Ada banyak penelitian yang menunjukkan kebiasaan meminum alkohol dengan sistem kekebalan tubuh. Minuman beralkohol memengaruhi daya tahan.
Alkohol dapat mempersulit sistem kekebalan untuk mempersiapkan dan melindungi tubuh dari kuman berbahaya.
“Alkohol memiliki berbagai efek negatif pada tubuh, termasuk semua sel kekebalan, meningkatkan risiko infeksi serius,” kata pakar kesehatan Jennifer Edelman.
Di paru-paru, alkohol dapat merusak sel kekebalan yang memiliki tugas penting untuk mengeluarkan patogen dari saluran udara. Di dalam usus, alkohol dapat menyebabkan peradangan dan menghancurkan bakteri baik yang menjaga sistem kekebalan tubuh tetap berjalan.
Hindari mengonsumsi ketiga jenis minuman yang dipercaya dapat merusak sistem kekebalan tersebut di atas untuk menghindari infeksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *