Kementrian Keuangan Pastikan Gaji PNS Tak Akan Naik Pada 2021

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan gaji pejabat negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) tidak naik di tahun anggaran 2021.
Direktur Harmonisasi Aturan Anggaran Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Didik Kusnaini mengatakan, kebijakan penggajian pejabat tahun depan masih sama dengan tahun 2020.

“Gaji PNS tahun depan masih sama dengan tahun ini, seperti yang diumumkan Pak Askolani (Dirjen Anggaran),” kata Didik saat dihubungi wartawan, Kamis (5/11).
Meski tidak naik, Didik mengatakan Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 ASN akan diberikan secara penuh dan tidak dihapuskan seperti pada tahun atau saat keuangan masyarakat tertekan akibat dampak Covid-19. 19 pandemi.

BACA JUGA  PNS Dan Pegawai Kontrak Pemerintah Dilarang Liburan ke Luar Kota

“Dengan rencana seperti itu,” jelas Didik.

Hal yang sama diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebelumnya. Sri Mulyani pernah mengatakan, pemerintah memastikan gaji 13 ASN dibayarkan penuh.
“Pemerintah akan tetap membayarkan gaji ke-13 dan THR sesuai tahun-tahun sebelumnya, yakni gaji ke-13 dan THR dengan perhitungan penuh sesuai tunjangan kinerja,” ujarnya Agustus lalu.

Sri Mulyani juga mengatakan pemberian kedua bonus gaji kepada PNS akan diperhitungkan dengan cermat agar rencana belanja pegawai tetap efisien dan sejalan dengan reformasi birokrasi ke depan.
“Pengendalian jumlah pegawai juga akan dilakukan sejalan dengan perubahan pola kerja dan proses bisnis,” ujarnya.

BACA JUGA  Persyaratan Penerima Bansos Rp 600 Ribu/Bulan

Secara total, pemerintah mengalokasikan belanja pemerintah tahun depan mencapai Rp 2.747,5 triliun. Alokasi tersebut dibagi menjadi Rp1.029,9 triliun untuk belanja kementerian / lembaga dan Rp921,4 triliun untuk non k / l.

Leave a Comment