Hasil Electoral Votes Sementara Pilpres AS: Biden Ungguli Trump

Hasil pemilihan presiden (Pilpres) Amerika Serikat (AS) sebelumnya (11/5/2020) WIB menunjukkan Joe Biden dengan 264 electoral votes lebih unggul dari Donald Trump yang meraih 214 electoral votes. Masih ada lima negara bagian yang belum menyelesaikan penghitungan suara.

Data tersebut merupakan hasil quick count Fox News. Untuk memenangkan pemilihan presiden, seorang calon presiden harus memenangkan sedikitnya 270 suara.
Kandidat presiden dari Partai Demokrat Joe Biden, yang berpasangan dengan Kamala Harris, dan calon presiden dari Partai Republik Donald Trump, yang berpasangan dengan Mike Pence, keduanya mengklaim telah memenangkan pemilihan presiden.

BACA JUGA  Insiden Tambang Emas Longsor Di Kongo Tewaskan 50 Orang

Lima negara bagian yang belum merampungkan penghitungan suara itu memiliki total 60 electoral votes, yang bisa menentukan Biden atau Trump yang menang pilpres AS. Kelima negara bagian tersebut adalah Nevada (6 electoral votes), Alaska (3 electoral votes), Pennsylvania (20 electoral votes), North Carolina (15 electoral votes) dan Georgia (16 electoral votes).

Jika Trump memenangkan jumlah suara di lima negara bagian, calon presiden petahana memenangkan 274 suara dan otomatis menang. Namun, peluang ini mungkin juga menjadi milik Biden.
Ada dua calon presiden lainnya, Jo Jorgensen dari Partai Libertarian dan Howie Hawkins dari Partai Hijau. Namun, Jorgensen dan Hawkins menerima suara yang jauh lebih sedikit daripada Trump dan Biden.

BACA JUGA  Trump : Akan Ada Lima Negara Arab Lagi Susul Bahrain Dan UEA

Biden, berbicara dari Chase Center di Wilmington, Biden menggembar-gemborkan jumlah pemilih yang “luar biasa” dalam pilpres 2020.

“Jika kita memiliki keraguan, kita seharusnya tidak lagi memiliki pemerintahan dari, oleh dan untuk rakyat,” kata Biden. “Ia sangat hidup, sangat hidup di Amerika. Di sini, orang-orang berkuasa.”

“Kekuasaan tidak dapat diambil atau ditegaskan, itu mengalir dari orang-orang, kehendak merekalah yang menentukan siapa yang akan menjadi presiden Amerika Serikat, dan keinginan mereka sendiri,” ujarnya.

BACA JUGA  Ini Beberapa Agenda Joe Biden di Hari Pertama Jadi Presiden AS

Leave a Comment