Indonesia Calonkan Jadi Tuan Rumah Ajang Olimpiade 2032

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia mencalonkan diri jadi tuan rumah Olimpiade 2032 pada tahun 2018. Indonesia akan bersaing dengan enam negara lainnya.
“Kami sudah resmi masuk nominasi tuan rumah Olimpiade 2032. Dan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, kami harus bersaing dengan Australia, Jerman, Korea Unification, Qatar, China dan India,” katanya saat membuka rapat terbatas, Rabu (4/11/2020).

Jokowi mengenang Asian Games dan Asian Para Games telah sukses dilaksanakan pada 2018. Hal ini membuat Indonesia percaya diri dalam pencalonannya untuk Olimpiade 2032.
“Hal ini menimbulkan rasa percaya diri dan sekaligus membuka mata dunia bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik di ajang internasional,” ujarnya.

BACA JUGA  Presiden Minta Indonesia Terus Tekan Angka Kematian Covid-19

Jokowi menegaskan, menjadi tuan rumah olimpiade bukan hanya sekedar gagah gagahan. Menurutnya, hal tersebut merupakan salah satu cara untuk meningkatkan citra Indonesia.
“Ini bukan klaim, tapi cara untuk meningkatkan citra dan martabat bangsa. Jadi pencalonan ini perlu kita jadikan dorongan untuk menata dan memperbaiki berbagai hal yang masih kurang,” ucapnya.

Mulai dari penyiapan sarana dan prasarana olahraga yang berkaitan dengan prestasi atlet, peningkatan visibilitas global sebagai kota penyelenggara, dan lain-lain, pungkasnya.
Sekadar informasi, Indonesia sukses besar menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Indonesia saat itu tidak hanya sukses sebagai penyelenggara, tapi juga berprestasi di kancah. Saat itu, Indonesia menempati posisi keempat dengan koleksi 31 medali emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

BACA JUGA  Nama Presiden Joko Widodo Diabadikan Jadi Jalan di Abu Dhabi UEA

Leave a Comment