Xiaomi Jadi Brand Hp Terbesar Ketiga Global Setingkat Diatas iPhone

Xiaomi dikabarkan menduduki peringkat ke-3 sebagai merek ponsel terbesar dunia pada kuartal ketiga tahun 2020. Xiaomi berhasil menyalip Apple yang baru saja meluncurkan iPhone 12.
Peringkat Xiaomi sebagai merek smartphone terkemuka dunia telah diberikan oleh lembaga penelitian dan analisis data seperti IDC, Counterpoint, dan Canalys.

Laporan Canalys menyebutkan bahwa pembatasan bisnis akibat pandemi Covid-19 tidak memengaruhi penjualan produk Xiaomi. Pada kuartal ketiga tahun 2020, jumlah penjualan smartphone turun hanya 1 persen dibanding kuartal ketiga tahun 2019.

BACA JUGA  Daftar Harga Resmi iPad Air 4 dan iPad 8 Yang Dijual di Indonesia

Selama kuartal tersebut, Xiaomi juga terlihat agresif menampilkan ponsel dalam jumlah besar untuk mengisi kekosongan akibat penurunan produksi dari merek lain. Di pasar Eropa, Xiaomi tumbuh 88 persen.

Laporan dari Counterpoint meyakini kinerja Xiaomi semakin membaik untuk pasar di Indonesia serta negara lain di Asia Tenggara seperti Filipina dan Vietnam. Ekspansi besar-besaran ke pasar baru di Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika serta Eropa juga berdampak pada posisi merek Xiaomi saat ini.

BACA JUGA  Harga Realme Watch S Pro Serta Fitur Andalannya

“Pada kuartal ini, Xiaomi meraih pengiriman smartphone terbesar dengan 46,2 juta unit,” kata Xiaomi dalam keterangan tertulisnya, Senin (2/11).

Selain itu, Xiaomi disebut berhasil mengungguli Apple dengan pangsa pasar 13,1 persen. Menurut laporan IDC, pertumbuhan pangsa pasar Xiaomi meningkat 42 persen dibanding kuartal III 2019. Kinerja ini terutama didorong oleh pulihnya pasar India dan pasar yang semakin solid di China. Di India, kapasitas produksi Xiaomi mulai pulih hingga 85 persen.

BACA JUGA  Poco X3 Akan Rilis Di Indonesia, Berikut Ini Harga Dan Spesikfikasinya

“Bagi Xiaomi, pencapaian ini tidak terlepas dari para Mi fans di Indonesia yang menawarkan dukungan tiada henti. Dalam kondisi tersebut, kami terus membangun optimisme dengan menampilkan berbagai produk dan inovasi smartphone dan perangkat pintar,” ujar Country Director Xiaomi. Indonesia Alvin Tse.

Di sisi lain, Xiaomi mencatatkan penjualan 103,24 miliar renminbi dan laba bersih 5,67 miliar renminbi, seperti yang dilaporkan dalam laporan keuangan paruh pertama tahun 2020. Untuk pasar Indonesia, Canalys juga mengatakan Xiaomi meningkatkan pangsa pasar produk penguasaan smart audio di Indonesia sebesar 44,2 persen berdasarkan riset yang dipublikasikan pada Juli 2020.

BACA JUGA  Menteri Perhubungan Ingin Perketat Aturan Penggunaan Drone

Saat ini merek smartphone terbaik di dunia dipegang oleh Samsung. Kemudian disusul oleh Huawei. Apple kini menempati urutan keempat.

Leave a Comment