Alasan Khabib Selalu Gunakan Topi Wol Pirang Sebelum Bertanding

Khabib Nurmagomedov memutuskan pensiun dari ajang seni bela diri campuran (MMA). Ia memutuskan pensiun dari karirnya setelah memenangi pertandingan melawan Justin Gaethje di UFC 254 yang berlangsung pada Minggu 25 Oktober 2020.

Tentunya kabar pengunduran diri Khabib langsung menghebohkan dunia, khususnya bagi pecinta arena pertarungan MMA khususnya UFC. Karena Khabib bisa dikatakan sebagai salah satu petarung paling fenomenal.

Kini, para penikmat UFC tidak akan lagi melihat petarung yang mengenakan topi wol pirang saat hendak bertarung. Ya, topi wool blonde atau yang biasa disebut papakha mungkin sudah menjadi ciri khas para petarung Rusia.

BACA JUGA  Laga Rematch Dustin Poirier Vs Conor McGregor Digelar Januari 2021

Mengapa Khabib selalu menggunakan papakha sebelum menaiki octagon? Pasalnya, sejak awal ia ingin menampilkan ciri khas tanah airnya yaitu Rusia dan tentunya sebagai identitas pribadinya.
Menariknya, ide menggunakan papakha muncul sesaat sebelum Khabib hendak berangkat ke AS untuk melakukan pertarungan pertamanya di ajang UFC yang digelar melawan Kamal Shalorus sebelum Januari 2012.

Menurut pemberitaan media Rusia, Sport Express, pada Selasa (11 Maret 2020), ide tersebut muncul ketika manajer Shamil Kardanov menyarankan Khabib untuk membawa sesuatu ke AS sebagai identitas. Karena mendadak dan saat itu sudah berada di Bandara Makhachkala karena ingin ke Moskow, Khabib langsung berpikir untuk membeli papakha.

BACA JUGA  Khabib Nurmagomedov Jadi Atlet Terbaik 2020 Versi BBC Sport

“Khabib harus membayar 3.000 rubel (sekitar Rp 577 ribu) untuk membeli papakha berwarna putih gading,” kata pernyataan Sport Express, Selasa (11 Maret 2020).
Papakha sendiri merupakan topi yang terbuat dari wol dan memang menjadi ciri khas dari asal muasal Khabib yaitu di Dagestan, Rusia. Topi papakha sendiri sama persis dengan topi khas suku Avar yang merupakan salah satu suku di Dagestan.

Karena ingin memberikan identitas dirinya yang berasal dari wilayah Dagestan, akhirnya Khabib memutuskan untuk menggunakan papakha sebagai aksesoris sebelum berperang.
Kini papakha sudah dikenal dunia berkat Khabib yang selalu memakainya sebelum bertanding. Sayangnya, pengguna Papakha di ajang UFC tersebut kini telah mengakhiri ajang bela diri campuran tersebut.

BACA JUGA  Conor McGregor Ramalkan Dustin Poirier KO Kurang Dari 60 Detik

Leave a Comment