DPR Dukung Presiden Jokowi Kecam Presiden Prancis Yang Hina Islam

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily mengatakan, posisi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengkritisi pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang menyinggung Islam adalah benar. Ini karena pernyataan Macron memicu perpecahan.

“Terkait sikap Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo) dan pemerintah Indonesia yang mengkritik Prancis, hal ini sangat tepat dan saya kira harus didukung,” kata Ace saat berbicara kepada wartawan di Jakarta, Senin (2/11/2020).

Politisi Partai Golkar itu menegaskan, kritik Presiden Jokowi terhadap ucapan Presiden Prancis itu merupakan langkah nyata atau bentuk protes pemerintah. “Setidaknya sikap ini sebagai langkah protes terhadap pernyataan yang tidak sensitif terhadap Islam,” kata Ace.

BACA JUGA  Muhammadiyah Tak Ikut Demo Yang Dilakukan Sejumlah Ormas Islam

Sebelumnya dikabarkan bahwa Presiden Jokowi mengkritik pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron bahwa dia telah menghina Islam. Menurutnya, pernyataan tersebut bisa memecah belah persatuan umat beragama sedunia.

“Indonesia juga mengecam keras pernyataan Presiden Prancis yang menghina agama Islam, yang telah melukai sentimen umat Islam di seluruh dunia dan yang dapat memecah belah persatuan umat beragama dunia,” kata Jokowi saat konferensi pers virtual dari Istana, Jakarta, Sabtu 31 Oktober 2020.

Sementara itu, deklarasi Presiden Prancis Emmanuel Macron tentang ekstremisme Islam menuai reaksi keras dari berbagai negara, terutama negara Arab dan negara mayoritas Muslim. Macron diduga menghina Islam dan membela publikasi karikatur Nabi Muhammad yang kontroversial.

BACA JUGA  RUU Minuman Beralkohol, Sanksi Denda Puluhan Juta Hingga Penjara

Sejumlah negara mengutuk pernyataan Macron, sementara beberapa negara, termasuk Kuwait, Qatar dan Turki, menyerukan boikot produk Prancis.

Leave a Comment