Restu Ibu Jadi Faktor Penentu Khabib Nurmagomedov Batalkan Pensiun

Khabib Nurmagomedov memutuskan pensiun dari dunia seni bela diri campuran (MMA) pada Minggu pagi, 25 Oktober 2020. Dia memutuskan ini setelah mengalahkan Justin Gaethje dalam pertarungan UFC.
Khabib hanya membutuhkan dua ronde untuk membuat Gaetjhe tidak berdaya. Teknik maut triangle choke merupakan upaya Khabib untuk membuat lawannya menyerah.

Dengan mengalahkan Gaethje, Khabib mampu mencatatkan 29 pertandingan tanpa kalah selama karirnya. Ia tidak bisa melanjutkan karena merasa telah kehilangan sosok mendiang ayahnya, Abdulmanap Nurmagomedov.

BACA JUGA  Fabio Quartararo Juarai MotoGP Catalunya, Valentino Rossi Gagal Finish

Abdulmanap adalah karakter yang membuat Khabib menjadi petarung hebat seperti sekarang ini. Sejak kecil ia telah mengembangkan keterampilannya sehingga ia memiliki kekuatan untuk bertarung di atas octagon.

Pelatih Khabib Javier Mendez mengatakan memang ada kemungkinan keputusan pengunduran diri itu akan dibatalkan. Asalkan ibu Chabib memberinya restu.
Sebab, sepengetahuannya, Abdulmanap selalu menginginkan Khabib pensiun setelah meraih 30 kemenangan. Konon, masih ada satu pertandingan yang harus dilaksanakan.

“Jika ibunya melihat bahwa dia bisa melanjutkan dan Khabib sangat menginginkannya, dia mungkin akan mengatakan pergi dan penuhi wasiat ayahmu untuk mendapatkan 30-0,” kata Mendez, dikutip dari Insider.

BACA JUGA  Hansi Flik Akui Ketangguhan Lini Pertahanan Atletico Madrid Saat Ini

Mendez pun mengungkapkan kalau Khabib sebenarnya tak ingin pensiun di usianya yang sekarang. Ia tetap yakin bisa bersaing di level tertinggi.
“Saya tidak tahu, tapi saya ada di sana dan dia terus berkata mengapa Anda berbicara tentang pensiun, saya baru berusia 32 tahun,” katanya.

Bagi Mendez, apa yang diputuskan Khabib setelah pertarungan melawan Gaethje murni emosional. Dia benar-benar kehilangan sosok Abdulmanap.
Alasan ini kemudian diungkap oleh petarung Rusia di atas segi delapan saat mengumumkan keputusannya untuk mundur. Dia berbicara sambil menahan air mata.

BACA JUGA  Jadwal UFC 259 Pekan Ini: Jan Blachowicz vs Israel Adesanya

“Hari ini saya ingin mengatakan bahwa ini adalah pertarungan terakhir saya. Saya tidak akan pernah berada di sini tanpa ayah saya,” kata Khabib.

Leave a Comment