Maraknya Seruan Boikot , Berikut Ini Daftar Produk Prancis Di Indonesia

Sikap Presiden Prancis Emmanuel Macron yang tidak akan menarik karikatur Nabi Muhammad memancing emosi masyarakat di negara mayoritas Muslim. Di negara-negara ini ada peningkatan permintaan untuk boikot produk Prancis.

Indonesia, negara dengan penduduk muslim terbesar, juga memprotes sikap Emmanuel Macron. Indonesia telah mengambil posisi melalui Kementerian Luar Negeri yang telah memanggil Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Olivier Chambard.

Namun, pemerintah Indonesia belum menyerukan boikot produk Prancis. Meski demikian, para pengguna internet di Indonesia tengah membahas tentang gerakan boikot produk Prancis.
Bagaimana dengan hubungan perdagangan nyata antara Indonesia dan Prancis, selain menyerukan boikot? Produk mana dari Perancis yang masuk ke Indonesia?

BACA JUGA  Ancaman Gelombang II COVID-19, Prancis dan Jerman Lockdown Lagi

Melansir dari CNBC Indonesia, nilai ekspor produk Perancis ke Indonesia mencapai USD 1,68 miliar pada 2018. Pada tahun berikutnya nilai ekspor produk Perancis ke Indonesia naik menjadi 1,8 milyar USD atau setara dengan Rp 26,1 triliun (kurs Rp 14.500).

Memang hubungan perdagangan Indonesia dengan Prancis tidak sehebat negara UE lainnya seperti Italia dan Jerman.

Produk Perancis yang paling banyak diimpor Indonesia adalah pesawat dan komponennya yang mencapai lebih dari 45% dari total impor. Prancis sendiri memiliki produsen pesawat terbang bernama Airbus yang berkantor pusat di Toulouse. Berbagai maskapai penerbangan Indonesia menggunakan pesawat tersebut.

BACA JUGA  Fakta Jelang MotoGP Prancis, Bagaimana Kans Pebalap Tuan Rumah

Selain itu, produk kesehatan dari Perancis juga diimpor menjadi bahan baku industri, terutama untuk mesin dan perangkat listrik. Selain itu, barang konsumsi seperti minuman beralkohol, whey hingga kosmetik dan produk personal care didatangkan RI dari Perancis.

Berikut ini adalah daftar produk Perancis yang diimpor di Indonesia?

Untuk produk kecantikan asal Perancis sangat populer di Indonesia yaitu L’Oreal hingga Garnier. Saat ini terdapat merk makanan ternama seperti Danone hingga Kraft yang produknya tersebar luas di minimarket dan jaringan supermarket di Indonesia.

BACA JUGA  Buruan Cek Syarat dan Cara Daftarnya, LPS Buka Lowongan Kerja

Produk Perancis yang masuk ke Indonesia juga mempengaruhi sektor otomotif. Seperti Renault dan Peugeot. Ada Total dan elf di sektor energi juga.

Produk Perancis yang sangat populer di Indonesia adalah merek-merek high-end seperti Louis Vuitton, Chanel, Hermes, Mont Blanch, dan Yves Saint Laurent. Ada juga merk fashion lain seperti Lacoste, Pierre Cardin.

BPS menemukan total nilai impor Prancis ke Indonesia dari Januari hingga Juli 2020 mencapai USD 682 juta, turun 17% dari periode yang sama tahun lalu.

BACA JUGA  Mulai 1 Februari Pulsa, Kartu Perdana dan Token Listrik Dikenai Pajak

Produk yang diimpor dari Indonesia termasuk senjata dan peluru senilai 282.029 kg, senilai $ 71,9 juta. Selain itu, 111,8 juta kg pulp dan kertas bekas senilai 45,9 juta dollar AS. Mesin dan sepeda motor, termasuk suku cadang seberat 699.281 kg senilai $ 436 juta juga diimpor.

Ada juga 681.044 kg produk kesehatan dan farmasi senilai $ 33,9 juta. Produk lain, kedelai 120.743 kh, bernilai $ 73.370. Indonesia juga mengimpor 286.790 kg mentega senilai $ 238 juta.

BACA JUGA  Kegiatan Online Yang Bisa Raih Keuntungan Tambahan Dimasa Pandemi

Leave a Comment