6 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Yang Dapat Dilakukan Di Rumah

Setiap orang ingin memiliki gigi yang putih dan bersih. Ada banyak produk yang bisa dipilih untuk memutihkan gigi.
Sebagian besar produk pemutih gigi menggunakan bahan kimia untuk memutihkan gigi. Namun, bagi Anda yang ingin memiliki gigi putih dan bersih tanpa mengeluarkan biaya mahal, Anda bisa menggunakan cara-cara berikut dilansir Healthline.

1. Gunakan soda kue

Soda kue memiliki khasiat pemutih alami, itulah sebabnya ia menjadi bahan populer dalam pasta gigi yang tersedia secara komersial. Ini adalah abrasif ringan yang dapat membantu menghilangkan noda di permukaan. Soda kue juga menciptakan lingkungan basa di mulut yang mencegah pertumbuhan bakteri.

BACA JUGA  Sudah Tepatkah Cara Perawatan Kulit Anda? Berikut cara Mengenalinya

Untuk menggunakan obat ini, campurkan 1 sendok teh soda kue dengan 2 sendok teh air dan sikat gigi Anda dengan pasta tersebut. Anda bisa melakukan ini beberapa kali seminggu.

2. Gunakan hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida adalah pemutih alami yang juga membunuh bakteri di mulut. Faktanya, orang telah menggunakan hidrogen peroksida untuk mendisinfeksi luka selama bertahun-tahun karena dapat membunuh bakteri.

Cara penggunaan hidrogen peroksida adalah dengan mencampurkannya dengan soda kue untuk membuat pasta gigi. Campurkan 2 sendok teh hidrogen peroksida dengan 1 sendok teh baking soda dan sikat gigi Anda dengan lembut menggunakan campuran tersebut. Batasi penggunaan pasta buatan sendiri ini hingga beberapa kali seminggu karena penggunaan yang berlebihan dapat mengikis gusi Anda.

BACA JUGA  Masker Menjadi Bagian Fashion Di Masa Pandemi Covid-19

3. Makan buah dan sayur

Makan buah dan sayur bisa baik untuk tubuh dan gigi. Buah dan sayuran mentah dan renyah, meski bukan pengganti menyikat, dapat menghilangkan plak saat Anda mengunyah.

4. Mencegah noda gigi sebelum muncul

Beberapa hal dapat membantu mencegah noda pada gigi Anda. Batasi makanan dan minuman pekat seperti kopi, anggur merah, soda, dan beri hitam, yang terkenal dapat menyebabkan perubahan warna gigi.

Selain itu, gosok gigi segera setelah mengonsumsi makanan atau minuman ini untuk membatasi efeknya pada warna gigi Anda.

BACA JUGA  Resiko Kebiasaan Buruk Mengigit Kuku Yang Berdampak Buruk

5. Hindari merokok

Untuk menjaga gigi Anda tetap putih dan bersih, Anda harus menghindari merokok dan mengunyah tembakau. Karena keduanya bisa mengakibatkan perubahan warna pada gigi Anda.

6. Gosok gigi secara teratur

Meskipun beberapa noda pada gigi terjadi secara alami seiring bertambahnya usia, hal ini terutama disebabkan oleh penumpukan plak. Menyikat dan membersihkan gigi secara teratur dapat membantu menjaga gigi tetap putih dengan mengurangi bakteri di mulut dan mencegah pembentukan plak.

BACA JUGA  Olahraga Berikut Ini Mampu Turunkan Kadar Kolesterol

Pasta gigi dengan lembut menggosok noda pada gigi Anda dan flossing menghilangkan bakteri penyebab plak. Membersihkan gigi secara teratur juga dapat membantu menjaga gigi tetap bersih dan putih.

Leave a Comment