7 Prestasi Konkret Nabi Muhammad SAW Yg Sukses Jadi Pebisnis Muda

Hari maulid Nabi adalah hari lahir Nabi Muhammad SAW. Banyak cerita perjuangan Nabi yang bisa dipelajari saat ini, terutama dalam bisnis.
Rasulullah telah mencapai puncak kesuksesannya sejak ia berusia 25 tahun. Sebagian besar anak muda kini baru memasuki dunia kerja pada usia 25 tahun.

Bersamaan dengan itu, Rasulullah mengajarkan dan membuktikan bahwa usia muda bukanlah halangan untuk bekerja dan kemampuan menghidupi diri sendiri. Semua prestasi Nabi Muhammad SAW bukannya tanpa strategi bisnis. Rasulullah tidak hanya bekerja keras, dia juga bekerja dengan cerdas. Yang terpenting, Rasulullah tidak pernah tak melibatkan Allah SWT dalam segala hal yang dilakukannya selama bekerja.

BACA JUGA  Peluang Bisnis Berikut Ini Mampu Bertahan Saat Resesi

Beberapa keberhasilan bisnis konkrit Nabi, seperti dikutip dari Bisnis Rasulullah, Malahayati S.Psi, Penerbit Agung, Jakarta, Kamis (29 Oktober 2020) antara lain:

1. Keberanian untuk memilih pekerjaan sebagai wirausaha/pedagang di usia muda.

2. Pernah mengikuti pamanannya berdagang ke Syiria pada usia anak-anak.

3. Pada saat belum memiliki modal, beliau menjadi manajer perdagangan para investor (shahibul maal) dengan sistem bagi hasil. Seorang investor besar Makkah, Khadijah, mengangkatnya sebagai manaher dan pemimpin ekspedisi ke pusat perdagangan Habshah di Yaman. Dalam ekspedisi ini, Khadijah mendapat keuntungan besar dari seluruh barang dagang miliknya.

BACA JUGA  Bebas Antre, Ini Cara Cetak KK, Akta Lahir, dan Dokumen Kependudukan Lain

4. Empat kali memimpin ekspedisi perdagangan untuk Khadijah ke Syiria, Jorash dan Bahrain di sebelah timur Semenanjung Arab.

5. Total ekspedisi dagang besar yang pernah dilakukan pada masa mudanya adalah enam kali.

6. Pebisnis besar yang terkenal dari Yaman, Syiria, Basrah, Iraq, Yordania, hingga kota-kota perdagangan di Jazirah Arab

7. Lebih dari 20 tahun berkiprah di bidang perdagangan.

Leave a Comment