Coba Terapkan 4 Langkah Berikut Untuk Tingkatkan Kinerja Laptop Anda

KINERJA Laptop merupakan bagian penting dalam penggunaannya. Dengan kemampuan laptop yang cepat, pekerjaan selesai dengan cepat
Oleh karena itu, keadaan laptop harus selalu dijaga agar performanya tidak terpengaruh. Dari perangkat keras hingga perangkat lunak yang diinstal.

Berikut empat hal yang bisa meningkatkan performa laptop, seperti dikutip dari Western Digital.

1. Tingkatkan penyimpanan ke SSD

Untuk meningkatkan kinerja PC, Anda perlu meningkatkan sistem penyimpanan internal ke SSD terlebih dahulu. Sebagai perbandingan, harddisk dengan 10.000 rpm memiliki kecepatan 140 MB / s, sedangkan WD Blue 3D NAND sudah memiliki kecepatan hingga 560 MB / s. Artinya, memutakhirkan dari hard disk drive (HDD) ke solid state drive (SSD) dapat meningkatkan kecepatan PC hingga empat kali lipat. Booting, bermain, dan bahkan perpindahan antar aplikasi dapat dipercepat dan tidak lagi lambat.

BACA JUGA  Penanganan Pertama Yang Harus Dilakukan Bila Mobil Terendam Banjir

Ini tidak hanya mempercepat kinerja PC, tetapi juga lebih fleksibel dan tahan lama. Ini karena SSD sudah menggunakan teknologi chip dan bukan hard drive yang mudah rusak jika tergores atau terjatuh. SSD juga lebih ramah lingkungan dengan konsumsi daya kurang dari 1 watt dibandingkan dengan HDD yang mengonsumsi lebih dari 10 watt.

2. Hapus program yang tidak digunakan

Saatnya membersihkan penyimpanan laptop / PC Anda. Pilih program yang tidak pernah digunakan dan hapus instalannya untuk menghemat ruang memori. Untuk melakukan ini, buka Control Panel, pilih Uninstall program dan aktifkan opsi Terakhir digunakan pada untuk mengetahui aplikasi mana yang paling sedikit digunakan. Klik kanan pada Uninstall.

BACA JUGA  Cara Aman Mengemudi Mobil Matik di Jalanan Tanjakan dan Turunan

3. Pindahkan data yang tidak digunakan

Jika memori laptop penuh, kinerjanya akan terpengaruh. Oleh karena itu, sebisa mungkin transfer beberapa data berkapasitas besar seperti foto dan video ke perangkat penyimpanan eksternal. My Passport SSD adalah pilihan tepat karena menawarkan kecepatan transfer file yang luar biasa dan kapasitas hingga 2TB. Dengan cara ini, dokumen ini dapat diakses kapan saja dan dimana saja tanpa memuat kapasitas internal laptop / PC.

4. Lakukan disk cleanup

BACA JUGA  Alasan Kurangnya Peminat Wireless Charghing Smartphone

Langkah terakhir adalah yang termudah dan tercepat. Caranya pilih My Computer, klik kanan hardisk, klik Properties, lalu klik menu Disk Cleanup pada tab General. Pilih bagian pengandar yang ingin Anda bersihkan, lalu jalankan Pembersihan Disk.

Disk Cleanup dapat menghapus ratusan megabyte (bahkan gigabyte) dengan menghapus data yang tidak diperlukan oleh sistem PC dan mengosongkan Recycle Bin.

Leave a Comment