Hari Ini Operasi Zebra 2020, Patuhi Hal Ini Jika Tidak Mau Ditilang

Korps lalu lintas (Korlantas) akan menggelar Operasi Zebra 2020 mulai Senin, 26 Oktober 2020. Oleh karena itu, jangan mencoba seenaknya melawan arus dan jangan lupa membawa dokumen mengemudi jika Anda tidak menginginkan tindakan penilangan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kompol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah melakukan tindakan preemtif dan preventif lebih dalam operasi tersebut.

“Operasi kali ini, kami lebih banyak tentang sosialisasi dan dikmas lantas atau pendidikan masyarakat lalu lintas, daripada penegakan hukum,” ujar dia kepada wartawan, Senin, 26 Oktober 2020.
Hal ini dilakukan agar masyarakat sadar berkendara dengan aman. Dalam operasi ini, polisi juga ingin meningkatkan disiplin mengemudi di tengah masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

BACA JUGA  KPU Tegaskan Kepada Cakada Jangan Abaikan Protokol Kesehatan

Polisi juga mengimbau pengendara untuk terus mematuhi protokol kesehatan, seperti: memakai masker dan menjaga jarak. Sedangkan, misalnya, fokus utama pelanggaran dalam operasi ini adalah pengemudi yang melawan arus, tidak menggunakan strobo atau rotator, dan melintasi bahu jalan.

“Kemudian untuk sanksi tindak akan kita berikan kepada para pengendara yang melanggar seperti melawan arus lalu lintas, melanggar stop line atau marka jalan, dan helm,” katanya.

Sebelumnya dikabarkan Direktorat Perhubungan Polda Metro Jaya akan menggelar Operasi Zebra 2020. Operasi Zebra dijadwalkan akan dimulai dari 26 Oktober hingga 8 November 2020.

BACA JUGA  Polisi Proses Pidana 240 Orang Terkait Aksi Demo Omnibus Law

“Berlangsung mulai 26 Oktober hingga 8 November 2020,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kompol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Kamis, 22 Oktober 2020.

Leave a Comment