Sudan Akan Normalisasi Hubungan dengan Israel Yang Ditengahi AS

Sudan setuju untuk menormalisasi hubungan dengan Israel melalui perjanjian yang ditengahi AS. Ini menjadikan Sudan negara Arab kelima yang mengakui Israel dan mengakhiri permusuhan.
Presiden AS Donald Trump melaporkan dari BBC dan mengumumkan rencana untuk menormalisasi hubungan. Dia mengatakan setidaknya lebih dari lima negara Arab ingin menandatangani kesepakatan damai dengan Israel.

Perjanjian Sudan muncul setelah Uni Emirat Arab dan Bahrain telah menandatangani perjanjian serupa. Kedua negara Teluk itu adalah negara pertama di Timur Tengah yang mengakui Israel dalam 26 tahun.

BACA JUGA  Amerika Setuju Untuk Jual Jet Tempur F-15 dan F-18 ke Indonesia

Presiden AS Donald Trump memperkuat kesepakatan pada hari Jumat melalui panggilan telepon dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Perdana Menteri Sudan Abdalla Hamdok dan ketua Dewan Transisi Abdel Fattah al-Burhan, menurut pejabat tinggi AS.

Berdasarkan kesepakatan itu, Trump mengambil langkah untuk menghapus Sudan dari daftar negara yang mempromosikan teroris oleh pemerintah AS.
Sudah dan Israel mengatakan dalam pernyataan tiga negara dengan Amerika Serikat bahwa para delegasi akan bertemu dalam beberapa minggu ke depan.

BACA JUGA  Film Mulan Mendapat Kecaman Karena Isu Uighur Dan Hongkong

“Para kepala negara dan pemerintah telah sepakat untuk menormalisasi hubungan antara Sudan dan Israel dan mengakhiri permusuhan antara kedua negara,” kata ketiga negara itu dalam pernyataan bersama.

Sebagai informasi, Yordania menandatangani perjanjian damai dengan Israel pada 1994 dan dengan Mesir pada 1979. Meningkatnya jumlah negara Arab yang normalisasi hubungan dengan Israel telah dikritik oleh Palestina dalam apa yang disebut dengan pengkhianatan.

Leave a Comment