Kapan Perjalanan Luar Negeri Kembali Normal, Berikut Penjelasan Menlu

Pemerintah Indonesia belum memutuskan kapan akan membuka perbatasan untuk menyambut orang asing dari luar negeri. Pasalnya, pandemi COVID-19 belum mereda di berbagai negara dan vaksin masih terus dikembangkan.

“Kami belum memutuskan kapan perbatasan akan dibuka, karena itu tergantung situasi perkembangan pandemi global,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam siaran pers virtual, Kamis, 22 Oktober 2020.

Retno mengatakan selama ini persiapan yang dilakukan pemerintah. Jika keadaan membaik, perjalanan yang akan dilakukan disesuaikan dengan perjalanan yang aman atau safe travel.

BACA JUGA  Iran Kembali Siap Jual Beli Senjata Setelah Embargo Berakhir

Sejauh ini, pemerintah telah setuju untuk menandatangani Travel Corridor Agreement (TCA) untuk perjalanan bisnis besar dan perjalanan bisnis dengan banyak negara. Diantaranya adalah Uni Emirat Arab, Korea Selatan, China dan Singapura.

“Pembuatan TCA ini bertujuan untuk secara bertahap mengaktifkan kontak bisnis yang tegang selama pandemi tanpa mengorbankan protokol kesehatan,” katanya.

Negosiasi tentang perjanjian koridor perjalanan dengan Jepang juga akan segera dimulai. Demikian hasil pembicaraan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Yoshihide Suga dalam pertemuan bilateral yang digelar dua hari lalu di Jakarta.

BACA JUGA  Demonstrasi Warga Israel Menuntut Mundur Benjamin Netanyahu

Leave a Comment