Jenis Masker Yang Tidak Efektif Mencegah Penularan Corona

Jakarta – Tidak semua masker memiliki perlindungan yang sama. Ada yang efektif melawan virus, ada pula yang tidak efektif, apalagi bila digunakan setiap hari sebagai antisipasi agar tidak tertular COVID-19.
Para peneliti di Duke University menguji 14 jenis masker dan masker wajah dan menemukan bahwa beberapa di antaranya tidak cukup untuk melindungi dari virus, dalam hal ini COVID-19. Hasilnya, masker N95 yang digunakan oleh penasihat medis bekerja paling baik dalam mencegah penularan tetesan saat berbicara.

Masker bedah tiga lapis dan masker kain buatan sendiri juga tahan terhadap dropplet.

Para peneliti menemukan bahwa masker yang terbuat dari bandana dan masker rajutan tidak memiliki perlindungan, bahkan dalam penelitian ini kedua jenis masker tersebut sama sekali tidak lebih baik.

Posisi terakhir adalah penyangga leher, yang sering dipakai pelari dan membuat masker menjadi paling tidak efektif. Jika pelindung leher digunakan sebagai masker, lebih banyak tetesan yang dapat keluar daripada jika tidak ada masker.

“Kami ingin menekankan bahwa kami sangat berharap semua orang memakai masker, tapi kami ingin mereka memakai masker yang sangat bagus,” kata Martin Fischer, salah satu penulis studi tersebut.

Studi yang dipublikasikan di Science Advances ini menguji masker dengan kotak hitam yang dilengkapi dengan laser dan kamera ponsel. Peserta kemudian diajak memakai masker dan berbicara dengan sinar laser.

Ini kemudian menunjukkan jumlah droplet yang direkam dengan kamera ponsel saat berbicara. Kemudian, algoritme komputer menghitung jumlah droplet yang “bocor” dari jenis masker yang ditampilkan dalam video.

Peneliti mengatakan metode ini merupakan cara yang murah dan efektif untuk menentukan jenis masker yang baik dan yang tidak.

“Ini adalah alat visual yang sederhana dan kuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa  yang sangat sederhana, seperti masker kain katun dapat menghentikan laju droplet,” kata Fisher.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *