Manfaat Konsumsi Ceker Ayam Untuk Kesehatan

Kaki ayam atau yang lebih sering dikenal dengan ceker ayam sering digunakan sebagai camilan atau pelengkap makanan. Banyak orang menyukainya, tetapi beberapa menganggapnya sebagai makanan menggelikan. Namun, ceker ayam sebenarnya adalah makanan sehat yang mengandung sejumlah manfaat bagi kesehatan.
Ceker ayam terdiri dari jaringan ikat kulit, tulang rawan, tendon dan tulang. Ceker ayam mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Berdasarkan data Healthline, sepasang ceker ayam atau sekitar 70 gram mengandung 150 kalori, 14 gram protein, 10 gram lemak, dan 0,14 gram karbohidrat.

BACA JUGA  Masker Buff Tidakk Efektif Untuk Mencegah Penularan Virus Covid-19

Ceker ayam juga mengandung 5 persen kalsium dari anjuran harian, 5 persen fosfor dari anjuran harian, 2 persen vitamin A dari anjuran harian dan 15 persen asam folat atau vitamin B9 dari anjuran harian.

Selain itu, 70 persen kandungan proteinnya terdiri dari kolagen yang berperan penting dalam membentuk, kekuatan dan daya tahan kulit manusia, tendon, tulang dan ligamen.

Berikut manfaat makan ceker ayam.

1. Meningkatkan kesehatan kulit
Studi menunjukkan bahwa penyerapan kolagen dapat meningkatkan hidrasi, elastisitas, dan kepadatan kulit. Konsumsi kolagen secara teratur mengurangi selulit dan kerutan kulit.

BACA JUGA  Teliti Sebelum Membeli, Banyak Masker Medis Daur Ulang Dijual Bebas

Kolagen juga dapat mempercepat penyembuhan luka dan mencegah penuaan kulit. Kolagen dapat meningkatkan kadar asam hialuronat sehingga kulit terhidrasi dengan baik.

2. Mengurangi nyeri sendi
Kolagen di ceker ayam juga bisa meredakan nyeri sendi. Penelitian menunjukkan bahwa kolagen dapat merangsang regenerasi jaringan untuk mengurangi gejala osteoartritis. Dosis harian kolagen dari tulang rawan dan ceker ayam dapat mengurangi rasa sakit, kaku, dan disfungsi fisik.

3. Mencegah keropos tulang
Pengambilan kolagen juga membantu menjaga tulang, terutama pada wanita pascamenopause. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kolagen meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mencegah penurunan fungsi tulang.

BACA JUGA  Seruan Persatuan Dokter Paru Indonesia Untuk Masyarakat Dan Nakes

4. Meningkatkan kesehatan jantung
Kolagen juga merupakan komponen penting dari arteri dan vena. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kolagen bisa efektif mencegah penyakit jantung.

5. Mencegah bayi lahir cacat
Tingginya kadar folat pada ceker ayam juga membantu memperbaiki pola makan dan kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Asam folat membantu dalam pembentukan informasi genetik dan organ pada janin. Konsumsi kolagen yang cukup dapat mencegah terjadinya cacat lahir pada anak dan ibu.

BACA JUGA  Manfaat Yang Perlu Anda Ketahui Dari Berkumur Dengan Air Garam

Untuk mendapatkan manfaat ceker ayam, konsumsi ceker ayam dengan cara yang benar. Selalu pastikan ceker ayam dalam keadaan bersih sebelum dimasak. Selain itu, hindari penggunaan minyak berlebih saat menggoreng ceker ayam. Selain itu, hindari menggunakan saus makanan cepat saji karena dapat mengurangi diet ceker ayam.

Leave a Comment