Benarkah Konsumsi Herbal Kunyit Bisa Cegah Penularan Covid-19?

Herbal seperti curcuma atau kunyit memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah untuk meningkatkan dan memperkuat kekebalan tubuh. Bisakah jenis herbal ini mencegah Covid-19?

“Jawabannya kita belum tahu. Intinya perlu dibuktikan, yang dibuktikan dengan penelitian khusus tentang pencegahan,” ujar Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr. Inggrid Tania saat Talkshow Kesehatan secara virtual, Rabu (21/10/2020).

Dokter Inggrid mengatakan pada dasarnya, jamu seperti kunyit ternyata bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Guna mencegah penularan virus seperti Covid-19, konsumsi kunyit juga sangat penting agar tubuh kebal terhadap segala penyakit.

BACA JUGA  Perlu Anda Ketahui, Perbedaan Rapid Test, Swab, atau TCM COVID-19

“Jadi kita berharap bisa menemukannya dan punya kesempatan untuk mencegahnya agar tidak menular. Tentu pencegahannya juga harus komprehensif, tidak hanya meningkatkan kekebalan tubuh lewat suplemen makanan, ucapnya.

Namun, upaya lain harus dilakukan, seperti menjaga kekebalan tubuh. Anda membutuhkan pola makan yang seimbang, istirahat yang cukup, dan cairan yang cukup untuk menghindari stres. Kemudian asupan vitamin harus mencukupi vitamin dan mineral. Tata cara kesehatan juga harus berfungsi secara ramah dan disiplin, ”imbuhnya.

BACA JUGA  Berikut Ini 12 Manfaat Rebusan Daun Binahong Untuk Kesehatan

Selain itu, kunyit berpotensi sebagai alternatif pencegah penularan Covid-19. Saat ini, ramuan jenis ini sedang diuji secara klinis di India untuk pencegahan virus.

“Jadi kalau hasilnya bagus bisa jadi referensi atau rujukan kita,” pungkasnya.

Leave a Comment