Kelompok Prioritas Utama Yang Akan Mendapatkan Vaksin Covid-19

Pandemi Covid-19 masih berlangsung di Indonesia dan berbagai negara di dunia. Pemerintah di seluruh dunia berlomba-lomba menemukan vaksin Covid-19.
Khusus untuk vaksin Covid-19, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto menyatakan kelompok prioritas yang akan diberikan vaksin adalah mereka yang berusia 18 hingga 59 tahun.

Ini juga menjadi syarat bagi produsen vaksin Covid-19 yakni Sinovac, Sinofarm dan Cansino.

“Kita tahu produksi Sinovac, Sinofarm dan Cansino juga sama. Padahal, vaksinasi ini hanya diberikan pada kelompok usia 18 hingga 59 tahun. Jadi kelompok inilah yang akan kami vaksinasi,” ujarnya belum lama ini.

BACA JUGA  Juru Bicara Covid-19, Sebagian Kasus Baru Dari Klaster Keluarga

Lalu bagaimana dengan orang dibawah usia 18 hingga Diatas 59 tahun?

Ia mengatakan, pihaknya tidak memiliki data uji klinis. Tidak ada studi klinis yang dilakukan antara usia 0 dan 18 tahun. Tidak ada studi klinis yang dilakukan di atas usia 60 tahun. “Jadi kami tidak akan memvaksinasi kelompok di luar usia 18 hingga 59 tahun,” kata Yuri.

Namun bukan berarti pemerintah akan mengabaikannya. Karena mereka adalah kelompok penting juga.

“Tentu saja, seiring waktu, kami akan melakukan penelitian, dan seluruh dunia akan melakukan hal yang sama untuk kelompok usia tersebut. Namun pada tahap awal ini kami masih menggunakan data yang kami gunakan karena ini merupakan studi klinis pada kelompok usia tersebut. Kami mengerti.” bahwa ini kasusnya bersama. ” Itu tidak berarti kami tinggalkan, “tambahnya.

BACA JUGA  Arahan Mini Lockdown Jokowi Didukung Oleh Partai Gerindra DKI

Leave a Comment