Besok Kemenag Gelar Upacara Bendera Serentak, Peringati Hari Santri

Kementerian Agama (Kemenag) juga akan menggelar upacara bendera untuk memperingati Hari Santri 2020 pada Kamis (22/10) pagi. Tahun ini Kementerian Agama mengusung tema “Indonesia Kuat Santri Sehat”
Selain upacara, ada acara zikir, sholat, salawat, dan mausiah untuk mendoakan para pelajar, masyarakat Indonesia dan dunia agar mendapat kesehatan dan kekuatan selama pandemi Covid-19.

“Isu ini dimaksudkan untuk memotivasi anak-anak Santri untuk menjaga kesehatan dan menjaga tata tertib kesehatan agar pondok pesantren menjadi tempat yang aman bagi santri,” kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi dalam situs resmi Kementerian Agama. Rabu (21/10).

BACA JUGA  Untuk Amankan Demo Hari Ini, Polda Metro Siapkan 20.587 Personel

Zainut mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan Hari Santri 2020 dilakukan sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19. Penerapannya juga bisa dilakukan secara virtual untuk menjaga kesehatan santri dan pengawas pesantren.

“Semua peringatan hari santri harus mengikuti protokol kesehatan. Pastikan jaga jarak,” ujarnya.
Selain itu, Zainut mengatakan para santri memberikan kontribusi yang sangat besar bagi Indonesia, sehingga Hari Santri harus diperingati setiap tahun. Pertama, para santri memiliki kontribusi dan pengabdian untuk kemerdekaan Indonesia dari Belanda.

BACA JUGA  Cek Info Lengkap, 5.178 Peserta CPNS 2019 Kemenag Lulus Seleksi

Menurutnya, penyelesaian jihad yang kemudian memicu pertempuran 10 November 1945 di Surabaya merupakan kontribusi nyata Santri bagi kemerdekaan Indonesia.
“Pemberian gelar waliyyul amri ad-dlaruri bi al-syaukah kepada Presiden Soekarno pada tahun 1954 juga merupakan sumbangan dari para santri,” kata Zainut.

Kemudian, kata Zainut, santri juga berperan dalam pembinaan pengamalan agama di masyarakat. Banyak santri yang memimpin komunitas terkecil di masyarakat, mulai dari Imam Musala dan masjid hingga pimpinan Majelis Taklim dan lainnya.

BACA JUGA  DPR Minta Kemenag Perketat Protokol Kesehatan Ibadah Umrah

Lagipula, menurut Zainut, Santri memberikan kontribusi penting dalam menyebarkan wacana agama moderat di Indonesia.
“Santri dalam memperjuangkan wacana agama yang mengarah pada puritanisme agama yang mengancam tegaknya negara, yakni Pancasila, merupakan bukti nyata peran santri,” ujarnya.

Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani menyatakan bahwa rangkaian program Hari Santri 2020 berlangsung sejak 30 September hingga 22 Oktober esok.
Beragam kegiatan mulai dari kompetisi Santri Milenial, Kongres Pemikiran Santri, Kopdar Akbar Santrinet Nusantara hingga Shalawat Creator and Influencer Summit digelar Kementerian Agama dalam rangka menyambut Hari -Santri 2020.

BACA JUGA  Perpanjangan PSBB Ketat di DKI Diumumkan Hari Ini

Hari Santri diperingati setiap tanggal 22 Oktober sejak 2015. Peringatan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri.

Leave a Comment