Kemenag Gratiskan Sertifikasi Halal 3.283 Pedagang UMK

Menteri Agama Fachrul Razi membenarkan pihaknya telah mengalokasikan anggaran untuk memberikan peluang sertifikasi halal gratis kepada 3.283 pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) tahun ini.
Hal tersebut sebagai bentuk dukungan pemerintah kepada UMK dalam produksi barang Halal, serta upaya mendorong implementasi Undang-Undang Jaminan Produk Halal Nomor 3 Tahun 2014 (UU JPH).

“Fasilitas ini juga dirancang untuk membantu mendanai UMK dalam memproses sertifikat Halal dan melaksanakan kebijakan pemerintah yang tidak mewajibkan sertifikasi halal bagi pemilik usaha mikro dan kecil,” ujarnya saat peresmian mata kuliah pelatihan Pemasaran dan Digitalisasi Manajemen Halal. Produk, Selasa (20/10).

BACA JUGA  Perlu Anda Tahu Perbedaan Penggunaan Materai 3000 Dan Materai 6000

Menurut Fachrul Razi, UU JPH menjamin ketersediaan produk Halal bagi masyarakat dan meningkatkan nilai tambah bagi pelaku ekonomi dalam produksi dan penjualan produk Halal.
“Oleh karena itu penting bagi pelaku ekonomi untuk memahami jaminan produk halal dan memastikan bahwa produk yang dijual dan diperdagangkan di masyarakat memenuhi persyaratan halal,” ujarnya.

Fachrul Razi juga mengingatkan, penerapan kewajiban sertifikasi Halal tidak berdampak mudah sejak 17 Oktober 2019. Pasalnya, menurut statistik, jumlah pelaku UMKM di Indonesia sudah mencapai 62,5 juta.

BACA JUGA  Presiden Optimis Masih Ada Waktu Untuk Selamatkan Perekonomian

Jika setengahnya adalah tujuan sertifikasi Halal, berarti sekitar 30 juta pelaku ekonomi membutuhkan sertifikasi Halal.

Jumlah tersebut begitu besar sehingga memerlukan dukungan kapasitas dan kemampuan SDM untuk mengelola pelayanan infrastruktur halal, pemeriksa halal yang kompeten dan ketersediaan otoritas pengawas halal dalam pendistribusian lembaga pemeriksa halal hingga sistem informasi dan komunikasi yang seluruh sistem dapat mendukung proses.

“Namun, kami menyadari bahwa maslahat dan manfaat yang diperoleh pelaku korporasi dari persyaratan sertifikasi Halal merupakan batasan dan tantangan yang tidak boleh menyurutkan niat kami,” ujarnya.

BACA JUGA  Mulai Bulan Depan Guru Honorer Dapat BLT 600 Ribu Dari Pemerintah

Leave a Comment