5 Kebiasaan Yang Salah Saat Berolahraga Dirumah

Untuk saat ini, senam di rumah sangat dianjurkan. Daripada berolahraga di gym atau arena umum lainnya, Anda dianggap lebih aman berolahraga di rumah.
Meski relatif aman, latihan ini juga harus dilakukan di rumah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika tidak benar, olahraga dapat menyebabkan cedera dan memengaruhi sistem kekebalan tubuh.
Berikut beberapa kesalahan saat berolahraga, mulailah Live Strong.

1. Melewatkan Pemanasan
Salah satu kesalahan paling umum saat berolahraga di rumah adalah pemanasan yang tidak tepat.
Fisioterapis Jereme Schumacher mengatakan pemanasan sangat penting untuk memastikan tubuh siap berolahraga. Tanpa pemanasan yang memadai, risiko cedera lebih besar.
Lakukan latihan kardio ringan untuk meningkatkan detak jantung dan melatih otot Anda. Berdasarkan gerakan lambat dan gerakan terkontrol.

2. Tidak ada ‘menu’ olahraga
Konsistensi olahraga memang menjadi tantangan tersendiri saat berolahraga di rumah. Dorongan untuk terus berolahraga bisa jadi sulit jika Anda berolahraga tanpa rencana atau menu.
Schumacher mengatakan sesi pelatihan tanpa rencana membuat orang kembali ke rutinitas latihan lama. Melakukan gerakan yang sama berulang kali dapat mengakibatkan cedera. Plus, Anda mungkin tidak akan melihat banyak kemajuan.
“Untuk senam di rumah, saya biasanya menganjurkan tubuh bagian atas dan bawah bergantian setiap hari,” tambahnya.

3. Olahraga terlalu rumit
Saat pandemi, Anda bisa mendapatkan menu olahraga dari media sosial atau video YouTube. Namun, Schumacher kerap menganggap pemilihan olahraga yang muncul di media sosial terlalu rumit.
“Jika gerakannya terlalu rumit untuk Anda atau Anda tidak memiliki pengaturan khusus, ini dapat dengan cepat menyebabkan cedera atau kecelakaan saat berolahraga,” kata Schumacher.
Alih-alih mencari gerakan kompleks untuk menambah variasi pada latihan Anda, ada baiknya mencoba variasi dalam repetisi atau meningkatkan intensitas.

4. Bentuk gerakannya kurang tepat
Saat berolahraga dengan pelatih pribadi, Anda setidaknya harus mengambil langkah yang benar. Tentu saja, jika Anda berada di rumah, hal ini tidak akan diperbaiki terlepas dari gerakan yang Anda lakukan. Kondisi ini sangat berisiko, apalagi jika Anda cukup berolahraga.
Sebaiknya berolahraga di depan cermin untuk memastikan gerakan Anda benar. Pertimbangkan untuk mendapatkan pelatih pribadi virtual agar Anda tidak ragu untuk mengambil langkah-langkah tertentu.

5. Alat buatan sendiri
Tidak ada alat untuk berolahraga? Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Tas dengan buku tebal, Anda bisa membuat bar. Namun, Schumacher tidak merekomendasikan terlalu banyak eksperimen, termasuk menyandarkan kaki Anda ke sofa.
“Mengangkat benda yang bentuknya tidak beraturan atau dengan berat yang berbeda dapat menyebabkan tubuh Anda tidak simetris dan sendi Anda tidak teratur,” katanya.
Jika Anda membutuhkan peralatan, cari item dengan bentuk dan berat yang sama setiap latihan. Pastikan barang tersebut stabil dan tidak mudah pecah saat digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *