Manfaat Herbal Jahe Berdasarkan Sains yang Perlu Anda Ketahui

Akar jahe biasanya digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Jahe memberikan cita rasa, aroma, dan manfaat yang unik bagi makanan kita.
Jahe memiliki khasiat mulai dari meredakan gejala pilek hingga mengurangi keasaman. Cukup banyak manfaat jahe untuk kesehatan.
Kami akan membagikan kepada Anda lima manfaat jahe bagi kesehatan yang dikutip dari Times of India, Senin (19/10/2020).

Jahe mencegah kerusakan sel

Jahe sangat kaya akan antioksidan dibanding banyak makanan lainnya. Hanya buah delima dan beri yang melampaui ini dalam hal kandungan antioksidan. Antioksidan mencegah stres oksidatif, suatu proses yang terkait dengan penyakit seperti diabetes, stroke, dan kanker.

BACA JUGA  Tidak Hanya Hangatkan Badan, Ini Manfaat lain Minum Air Hangat!

Stres oksidatif terjadi ketika terlalu banyak molekul radikal bebas yang dibuat oleh proses metabolisme. Antioksidan membantu menstabilkan radikal bebas, mencegah stres oksidatif dan dengan demikian mencegah penyakit.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2017 menguji efek antioksidan jahe pada pasien kanker yang menerima kemoterapi. Pasien yang menerima ekstrak jahe setiap hari memiliki tingkat antioksidan yang lebih tinggi dan tingkat stres oksidatif yang lebih rendah daripada kelompok plasebo.

Jahe membantu mengatur kadar gula darah

BACA JUGA  Manfaat Jus Lidah Buaya, Atasi Sembelit Hingga Bisa Jaga Kecantikan

Ada beberapa bukti bahwa jahe dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Orang yang mengonsumsi 2 gram bubuk jahe sehari mengalami peningkatan gula darah.
Studi lain menemukan bahwa mengonsumsi kapsul jahe menurunkan kadar gula darah pada wanita dengan diabetes gestasional.

Jahe mengandung sifat anti inflamasi

Radikal bebas yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan, yang merupakan respons alami tubuh terhadap benda asing yang berbahaya. Peradangan akan hilang saat tubuh Anda sembuh. Ketika seseorang mengalami stres oksidatif, hal itu dapat menyebabkan peradangan kronis. Peradangan kronis dapat menyebabkan penyakit seperti serangan jantung dan nyeri kronis seperti artritis.

BACA JUGA  Murah Dan Mudah, 5 Bahan Rumahan Ini Bisa Obati Sakit Kulit

Sebuah studi tahun 2001 menemukan bahwa pasien dengan osteoartritis yang mengonsumsi ekstrak jahe dua kali sehari selama enam minggu mengalami lebih sedikit nyeri lutut terkait peradangan.

Jahe bisa membantu meredakan nyeri saat haid

Jahe berfungsi sebagai obat untuk kram menstruasi. Ini menekan bahan kimia yang mengontrak rahim dan menyebabkan rasa sakit.
Sebuah penelitian menemukan bahwa 750-2000 mg bubuk jahe dalam tiga hari pertama siklus menstruasi dapat membantu meredakan nyeri.

Jahe bisa membantu meredakan mual

BACA JUGA  Bahan Alami Untuk Meredakan Batuk yang Mudah Ditemui Dirumah

Faktanya, jahe dapat membantu mengurangi gejala mual dan muntah. Ini adalah obat yang aman dan efektif untuk wanita hamil yang sakit di pagi hari.
Sebuah studi kecil tahun 2019 menemukan bahwa wanita hamil yang mengonsumsi 250 mg kapsul jahe selama empat hari mengalami mual dan muntah yang lebih sedikit daripada wanita lain yang tidak mengonsumsi kapsul.

Leave a Comment