Jacinda Ardern Kembali Terpilih Sebagai Perdana Menteri Selandia Baru

Partai Buruh, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Jacinda Ardern, akan membentuk pemerintahan dalam dua atau tiga minggu. Tetapi mereka tidak mengungkapkan rencana koalisi dengan Partai Hijau.
Ardern yang memenangi pemilu Sabtu lalu (17/10), menginformasikan kepada Gubernur Jenderal Dame Patsy Reddy bahwa partainya akan berpeluang membentuk pemerintahan berikutnya. Dia juga mengatakan tidak diperlukan pembatasan atau isolasi kawasan karena tidak ada penularan korona antar komunitas.

Partai Buruh memenangkan 49,1% dan diharapkan mendapatkan 64 kursi, yang akan menjadi kemenangan mayoritas. Partai Nasional Konservatif memenangkan 26,8% suara dan 35 kursi dari 120 kursi parlemen.

BACA JUGA  Koalisi Arab Gagalkan Serangan Drone Houthi Kedua di Arab Saudi

“Selandia Baru telah menunjukkan bahwa Partai Buruh mendapat dukungan terkuat dalam 50 tahun terakhir,” kata Ardern, seperti dilansir Reuters. “Kami tidak akan mendapatkan dukungan hipotek dan saya berjanji kepada Anda bahwa kami akan menjadi pihak yang berkuasa untuk semua warga Selandia Baru,” tambahnya.

Pemimpin partai nasional Judith Collins memberi selamat kepada Ardern dan berjanji untuk mengubah partainya menjadi “oposisi yang keras”. “Tiga tahun akan membuat mata Anda lebih gelap,” ujarnya tentang pemilu mendatang. Ia berjanji bahwa partainya akan segera kembali.

BACA JUGA  Teror Ancaman Bom Hoax, Menara Eiffel Kembali Dibuka

Sejak diperkenalkannya sistem pemilihan untuk perwakilan proporsional campuran pada tahun 1996, tidak ada satu partai pun yang memenangkan suara mayoritas di Selandia Baru. Ardern sebelumnya telah berkampanye untuk pengembangan kebijakan ramah iklim dan peningkatan pajak pagi untuk orang kaya. Kemenangan Ardern tak lepas dari kebijakan ketatnya dalam menangani pandemi korona.

Kemenangan itu berarti Ardern yang berusia 40 tahun dapat membentuk pemerintahan satu partai pertama dalam beberapa dekade. Dia juga harus menghadapi tantangan untuk mewujudkan transformasi berkelanjutan yang dia janjikan, tetapi tidak dapat mencapai ini di masa jabatan pertamanya.

BACA JUGA  Lebanon-Israel Minta PBB Jadi Mediator Atas Sengketa Perbatasan

“Ini adalah perubahan bersejarah,” kata Bryce Edwards, pakar politik di Universitas Victoria di Wellington. Dia mengatakan pemilu adalah salah satu perubahan terbesar dalam sejarah pemilu Selandia Baru dalam 80 tahun.

Dengan Partai Buruh mendapatkan lebih dari setengah kursi, Ardern dapat membentuk pemerintahan partai tunggal pertama di bawah sistem saat ini. “Orang-orang sangat bersyukur dan sangat senang dengan cara mereka menangani Covid. Mereka menyukai bentuk rencana yang kami buat untuk ekonomi mulai sekarang,” kata Menteri Keuangan Grant Robertson, anggota parlemen dari Partai Buruh.

BACA JUGA  Armenia Serang Desa-desa Azerbaijan Dengan Rudal Dan Artileri

Geoffrey Miller, seorang analis di situs politik Proyek Demokrasi, mengatakan kemenangan itu adalah “kemenangan pribadi untuk popularitas dan merek” superstar “Jacinda Ardern”. Dari mitra koalisi Ardern saat ini, Partai Pertama Selandia Baru yang nasionalis memiliki 2,6% dan Partai Hijau 7,6%. Kecuali dia dapat membentuk pemerintahan Buruh khusus, dia kemungkinan akan terus bergantung pada sekelompok kecil Partai Hijau.

Koalisi Pekerja Hijau akan menjadi pemerintahan kiri pertama sejak tahun 1970-an. Sebuah skenario yang diperingatkan oleh pemimpin oposisi Partai Nasional Judith Collins berarti lebih banyak pajak dan lingkungan yang tidak bersahabat untuk bisnis.

BACA JUGA  Turki Desak Armenia Serahkan Tanah Yang Diduduki Kepada Azerbaijan

Terkait perubahan iklim, Ardern menyebut pemerintahannya sebagai generasi bebas senjata nuklir. “Saya tidak berpikir mereka akan mendapatkan apa yang mereka harapkan,” kata Ganesh Nana, direktur penelitian di BERL, sebuah wadah pemikir Wellington. Ia mengungkapkan, banyak pihak yang kecewa dengan perubahan iklim.

Selandia Baru sibuk memerangi Covid-19 hampir sepanjang tahun 2020. Keberhasilan Ardern menyatukan “tim lima juta” – referensi kepada rakyat negaranya adalah bukti kemampuannya yang luar biasa.

Setelah virus terkendali, perhatian akan beralih ke masalah lain seperti pengangguran dan perumahan yang terjangkau. Para pemilih sekarang mengharapkan dia menyelesaikan masalah. Ini bukan tugas yang mudah.

BACA JUGA  Polisi Di AS Berikan Hadiah Uang Cari Buronan Penembak Petugas

Leave a Comment