Malaysia Catat Rekor Tertinggi Sebanyak 871 Kasus Covid-19 Perhari

Otoritas Malaysia kembali mencetak rekor tertinggi dengan melaporkan 871 kasus virus corona (COVID-19) dalam satu hari. Sebagian besar kasus virus korona baru telah ditemukan di daerah Sabah, yang telah menyaksikan siaran lokal terbaru negara itu setelah pemilihan sela beberapa bulan lalu.

Seperti dilansir Bernama News Agency dan Channel News Asia, Senin (19/10/2020), jumlah 871 kasus corona dalam satu hari menjadi rekor terbaru penambahan kasus harian tertinggi di Malaysia, mengalahkan rekor sebelumnya Sabtu (17/10). 10) Waktu setempat sekitar 869 kasus per hari.

BACA JUGA  Hasil Tes Corona Di Indonesia Tidak Akurat, Taiwan Larang TKI Masuk

Dengan peningkatan yang tercatat pada Minggu (18/10) waktu setempat, sebanyak 20.498 kasus corona kini terkonfirmasi di Malaysia.

Dari 871 kasus yang ditemukan dalam satu hari, sebagian besar merupakan kasus penularan lokal dan lima kasus di antaranya masuk atau keluar negeri. Kasus impor tersebut dikatakan berasal dari India (dua kasus), Nepal (dua kasus) dan Singapura (satu kasus).

Negara bagian Sabah melaporkan jumlah kasus baru tertinggi dengan 702 kasus corona di wilayah tersebut per hari. Jumlah kasus corona di Sabah meroket usai digelar pemilu sela beberapa waktu lalu yang membuka akses ke dan dari kawasan tersebut.

BACA JUGA  Sejumlah Pasukan Afghanistan Tewas Ditengah Usaha Damai Dgn Taliban

Direktur Jenderal Kesehatan Kementerian Kesehatan Malaysia, Dr. Noor Hisham Abdullah menyatakan 7.049 kasus aktif korona saat ini sedang ditangani Malaysia. Sebanyak 86 kasus dirawat di unit perawatan intensif di rumah sakit setempat.

Pihak berwenang Malaysia juga melaporkan tujuh kematian tambahan per hari, menjadikan jumlah kematian akibat virus korona di negara itu setidaknya 187.

Meski mengalami kenaikan tertinggi, otoritas Malaysia juga mencatatkan rekor baru jumlah pasien corona yang sembuh dalam sehari. Dr. Noor Hisham mengumumkan bahwa 701 pasien telah keluar dari rumah sakit dan fasilitas isolasi dalam 24 jam terakhir setelah dinyatakan sembuh.

BACA JUGA  Raja Salman Akan Naikkan Upah Minimum Warganya Jadi Rp15 Juta

Artinya, sebanyak 13.262 penderita corona di Malaysia dinyatakan sembuh. Tingkat pemulihan korona di Malaysia kini mencapai 64,7 persen dari seluruh kasus positif.

Dengan lonjakan kasus yang dilaporkan dalam beberapa hari terakhir, otoritas Malaysia menerapkan kembali lockdown yang ditargetkan bulan ini. Ibu kota Kuala Lumpur, Selangor dan Putrajaya sekarang tunduk pada CMCO (Conditional Movement Control Order), yang akan berlaku hingga 27 Oktober.

Leave a Comment