Menikmati Keunggulan Fitur ColorOS 11 Milik Oppo

Oppo meluncurkan ColorOS 11 bulan lalu. Raksasa teknologi China menawarkan kepada penggunanya berbagai fungsi baru di seluruh dunia. VIVA Tekno berkesempatan untuk mencoba ColorOS 11 di Oppo Find X2 Pro, salah satu ponsel pertama yang dapat menggunakan fitur ini.

Ada sejumlah fungsi, mulai dari menyesuaikan layar beranda hingga skema warna dan mode gelap, serta kemampuan untuk mendengar suara dari kota-kota di seluruh dunia dalam fungsi “Suara Kota”. Berikut adalah sejumlah fitur yang disertakan pada Oppo ColorOS 11:

BACA JUGA  Cek Spesifikasi dan Harga Oppo A54 Yang Baru Rilis di Indonesia

Three Finger Translate

Salah satu fitur yang ada di ColorOS 11 adalah Terjemahan Tiga Jari, yang tertanam dalam Google Lens. Anda dapat menerjemahkan dari berbagai bahasa untuk kalimat dalam aplikasi, situs web, dan gambar.

Cukup tekan layar kalimat yang ingin Anda terjemahkan dengan tiga jari. Kemudian tekan Terjemahkan dan pilih bahasa yang Anda inginkan. Selain menggunakan jari Anda, terjemahan ini dapat ditemukan di Smart Side Bar di layar.

Kustomisasi Layar

BACA JUGA  Google Akan Saingi Apple Kembangkan Kacamata Pintar

Oppo memberi pengguna kebebasan untuk menyesuaikan tampilan layarnya sendiri. Jika Anda mengakses menu Personalization di Settings, Anda akan menemukan Ikon, Home Screen, Color Schemes, dan Always On Display yang dapat Anda sesuaikan sendiri.

Dalam pengaturan ikon, pengguna dapat mengaturnya dengan menekan aplikasi di layar atau memilih beberapa untuk memindahkannya secara bersamaan. Bentuk setiap ikon juga bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Ada bentuk seperti kotak untuk membulatkan dan mengubah ukuran nama setiap aplikasi.

BACA JUGA  Vivo V20 SE 8/128 Aquamarine Green, Pre-order Sampai 16 November

Menu Always On Display memungkinkan pengguna memilih warna untuk layout template yang mereka inginkan. Anda juga dapat membuatnya sendiri dengan menjelaskannya di menu Pola Kustom.

Jika Anda ingin membuatnya sendiri, ada warna dan bentuk yang bisa dipilih. Kemudian gunakan jari Anda dan geser melintasi layar. Sebuah pola ditampilkan setelah gerakan tangan. Setelah selesai, klik Berikutnya dan tekan Terapkan untuk menerapkannya ke tampilan ponsel.

Fitur Color Schemes memungkinkan Anda untuk mengubah warna setiap ikon menu pada telepon Anda. Sementara itu, layar beranda digunakan untuk menyesuaikan tampilan layar beranda ponsel dengan berapa banyak aplikasi yang ingin Anda tampilkan.

BACA JUGA  Ponsel Paling Murah di Keluarga Reno4, Oppo Perkenalkan Reno4 SE

Dark Mode

Mode gelap ini sudah ada di ColorOS 7. ColorOS 11 mengembangkan fitur ini dengan memberikan opsi yang tidak hanya hitam. Ada tiga opsi untuk Mode Gelap: Lanjutan, Sedang, dan Lembut.
Warnanya gelap dan hitam sedang dan sedikit abu-abu. Selain itu, Anda juga dapat memilih untuk mengurangi kontras mode gelap dalam kondisi kurang cahaya.

Oppo Relax

Aplikasi Oppo Relax menghadirkan suara seperti suara bising, musik dalam suasana seperti hujan dan suara pagi. Platform ini dulunya tersedia di ColorOS 7 dan sekarang ada perkembangan baru.
Pada menu “Explore”, pengguna dapat mendengar suasana kota-kota besar di seluruh dunia seperti Beijing, China, Tokyo, Jepang dan Bangkok, Thailand tanpa perlu pergi ke lokasi aslinya.

BACA JUGA  Yamaha Indonesia Meluncurkan Skutik All New Aerox 155 Connected

Battery Guard

Fitur ini menghindari kelebihan beban yang terkadang dilakukan pengguna. Mengaktifkan Pelindung Baterai akan menghentikan pengisian daya pada 80% di malam hari dan terisi penuh saat pengguna bangun. Untuk mengaktifkannya, buka Pengaturan dan buka menu Baterai. Kemudian klik More battery settings dan aktifkan opsi Optimalkan night charging.

Leave a Comment