Pesona Tebing Mariporoco Dan Air Terjun Kahatola, Halmahera Barat

KABUPATEN Halmahera Barat, Maluku Utara memiliki pantai-pantai indah yang dikelilingi pegunungan hijau. Dengan pulau-pulau kecilnya yang indah, Halmahera Barat menawarkan banyak sekali tempat wisata. Diantaranya adalah Tebing Mariporoco dan Air Terjun Kahatola.

Tebing Mariporoco di Kahatola, Kecamatan Loloda, seperti miniatur Raja Ampat. Permukaan batuan ini merupakan salah satu fenomena geologi unik yang terbentuk dari endapan vulkanik berupa lava, lava dan abu vulkanik Gunung Jailolo yang diyakini pernah meletus sebelum tahun 1600.

BACA JUGA  Pulau Failonga Di Tidore Yang Indah, Surga Bagi Pecinta Snorkeling

Tebing yang diselimuti tanaman hijau berdiri kokoh di atas air biru kehijauan. Pemandangan ini bahkan lebih menakjubkan dari atas. Tempat ini sangat instagramable sehingga sering menjadi spot foto para wisatawan.

“Pemandangan di sini luar biasa indah, lautnya tinggi dan ada gunung besar di belakangnya, Tolamadu,” kata presenter Geopark Indonesia Truly Christina saat berkunjung ke Tebing Mariporoco, seperti terlihat dalam video YouTube Majalah iNews, Kamis (15/10/2020).

Selain tebing Mariporoco, terdapat pemandangan alam unik lainnya yaitu air terjun Kahatola. Keunikannya adalah air terjun Kahatola tidak berasal dari sungai, melainkan air terjun ini timbul dari rembesan hujan dan embun pada suatu cekungan, sehingga limpasan air tergantung pada curah hujan yang ada di wilayah tersebut.

BACA JUGA  Agrowisata Terbaik Cocok Buat Liburan Dimasa Covid-19

Air terjun Kahatola mengalir langsung ke laut, di sini Anda bisa langsung merasakan pencelupan air laut dengan percikan air terjun yang segar.
“Wah airnya segar banget, setelah tersengat matahari seharian, menyegarkan banget buat saya. Dan saya biasanya berenang di air tawar di air terjun, tapi itu di air asin, “kata Truly Christina.

Jika melihat kontur bebatuan di Air Terjun Kahatola, persis seperti bebatuan di Tebing Mariporoco. Panorama air terjun Kahatola sangat indah dan mempesona, sehingga menjadi primadona di Halmahera Barat.

BACA JUGA  Destinasi Wisata Alam Akhir Pekan Sentul Bogor Jawa Barat

Dari Tebing Mariporoco hanya sekitar 10 menit menuju air terjun Kahatola.
Perpaduan antara keunikan dan keindahan tebing Mariporoco dan air terjun Kahatola menjadikan Halmahera Barat sangat potensial untuk dijadikan sebagai taman kepulauan Indonesia.

Leave a Comment