Tips Merawat Laptop agar Tidak Cepat Rusak Dan Tahan Lama

Laptop merupakan kebutuhan sehari-hari untuk menunjang pekerjaan dan produktivitas. Agar laptop bisa bertahan lama atau tidak cepat rusak, pemilik tentunya harus memperhatikan sesuatu.

Daftar isi

Berikut tips cara membuat laptop awet dari berbagai sumber.

1. Hindari Guncangan atau Memindahkan Laptop

Usahakan untuk tidak memindahkan laptop saat laptop menyala. Karena hard drive akan berfungsi pada laptop yang masih hidup atau belum dimatikan, menggerakkan kepala pada hard drive dapat menggores silinder.

2. Hindari menggunakan laptop tanpa baterai

Ada perangkat laptop dengan baterai yang bisa diganti. Disarankan untuk tidak menggunakan laptop tanpa baterai (dicolokkan langsung ke stopkontak dinding). Karena jika listrik tiba-tiba mati, laptop mati. Jangan matikan laptop tanpa melakukan proses shutdown.

BACA JUGA  Peluncuran Iphone 12 2020 Dikabarkan Akan Ditunda

3. Cabut kabel saat baterai sudah penuh

Jika Anda akan menggunakan laptop dalam waktu lama, baterai harus diisi penuh terlebih dahulu. Setelah baterai terisi penuh, cabut kabel daya dari stopkontak dan isi ulang baterai bila sisa baterai hampir kosong. Jangan gunakan laptop sampai baterainya kosong atau 0 persen kosong.

4. Jangan letakkan laptop di atas kasur

Sebaiknya jangan letakkan laptop yang menyala di atas kasur atau di tempat yang sedikit berdebu. Ini karena laptop biasanya dilengkapi dengan kipas yang terletak di bagian bawah. Jika kipas angin tidak bisa mendinginkan laptop karena digunakan di tempat yang tidak rata, laptop bisa cepat panas atau overheat.

BACA JUGA  Resmi Dirilis, Simak Harga Dan Spesifikasi OPPO Reno 4 Pro

5. Jangan letakkan benda apapun di atas laptop

Jangan letakkan benda berat di atas laptop. Akibat beban yang tinggi saat memasang cover laptop, layar laptop bisa rusak.

6. Jauhkan minuman dari laptop

Ada kemungkinan jika Anda tidak sengaja menggosok minuman di dekat laptop, air di wadah minuman tersebut mengenai laptop. Ini bisa berbahaya untuk laptop. Jika sudah terlanjur terkena cairan, segera matikan laptop, lepas baterainya, dan keringkan hingga benar-benar kering. Kemudian coba hidupkan laptop.

BACA JUGA  Xbox Series X Diluncurkan November Nanti Simak Spefikasi Dan Harga

7. Jangan paksa laptop untuk bermain game berat

Ada laptop yang didesain khusus untuk bermain game. Ada juga laptop yang memang tidak didesain untuk bermain game, namun terkadang pengguna menggunakannya untuk menjalankan game berat. Terus menggunakannya untuk memainkan game berat dapat menyebabkan komponen laptop menjadi terlalu panas dan menyebabkan laptop kehabisan baterai.

Leave a Comment