3 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Daging Ayam

Apakah Anda sering menyajikan masakan ayam? Memilih bahan yang segar sebelum dimasak tentunya merupakan hal terpenting, bahkan jika Anda berencana untuk memasak ayam. Baca Juga: Mengapa Anda Tidak Bisa Makan Ayam Mentah? Lantas apa saja ciri-ciri dan bagaimana cara memilih ayam segar? Untuk lebih memahami, berikut tips memilih ayam segar dari Executive Chef Grand Whiz Poins Simatupang Jakarta, Hamdan.

1. Warna daging buahnya merah muda, Daging ayam yang baru dipotong dapat dikenali dari warnanya. Pilih ayam yang masih berwarna pink atau agak kemerahan. Daging yang agak kemerahan menandakan ayam tersebut baru saja dipotong, sedangkan daging yang ringan berarti dipotong satu atau dua hari sebelumnya.

2. Tekstur elastis, Tekstur daging yang kenyal menandakan ayam tersebut masih segar. Untuk memastikan tekstur ayam yang segar, Anda bisa mengujinya dengan cara mengepres daging ayam. Jika ayam sedang terburu-buru kemudian kembali ke keadaan semula atau tidak meninggalkan bekas, ini tandanya ayam tersebut masih segar. Jika dagingnya terburu-buru dan meninggalkan bekas tekanan, itu tandanya daging tersebut tidak segar. Tekstur daging ayam yang lembut dan kental menandakan bahwa daging ayam tersebut telah mengalami kerusakan. Jika ayam empuk dan berlendir, artinya ayam sudah beberapa kali dibekukan dan dicairkan yang merusak sel-sel ayam. Lihat ilustrasi foto daging ayam. (Pixabay.com/byrev)

3. Aroma segar, Cara merasakan ayam segar juga bisa dilakukan dengan cara mencium rasa atau aromanya. Aroma segarnya yang khas, tidak anyir, pedas atau amis, membedakan ayam yang enak. Kini setelah Anda mengetahui khasiat dan tips mengenali ayam segar, Anda juga harus tahu cara menyimpan ayam. Ayam bisa bertahan dua hingga tiga bulan jika disimpan pada suhu yang tepat. Baca juga: 3 Cara Cepat Mencairkan Daging Ayam Beku Menggunakan Microwave Suhu yang benar untuk memelihara ayam adalah sekitar suhu beku (beku). Jika ayam hanya bisa disimpan selama 4-6 jam pada suhu ruang, sisa kualitas ayam sudah menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *