Alasan Apple Jual iPhone 12 Tanpa Charge dan EarPods

Apple akhirnya merilis seri iPhone 12 yang di-streaming secara online melalui situs resmi Apple dan channel YouTube.
Pada acara peluncuran tersebut, Apple mengatakan iPhone 12 akan dijual tanpa earphone kabel dan charger akan dikenakan biaya. Langkah ini dirancang untuk membantu perusahaan mengimbangi biaya pembuatan smartphone dengan fitur 5G pertamanya.

Sebagai gantinya, pengguna iPhone harus membeli EarPods dan adaptor daya USB secara terpisah. Ini sedang dipertimbangkan oleh Lisa Jackson, wakil presiden inisiatif lingkungan, sosial dan politik di Apple. Selain menurunkan biaya produksi, mengurangi pemborosan juga akan membuat Apple lebih ramah lingkungan.

BACA JUGA  Terungkap, Kapasitas Baterai iPhone 12 Pro Max Hanya 3.687 mAh

Apple bertujuan untuk menjadi 100% karbon netral dalam rantai pasokan dan produknya pada tahun 2030. Kotak untuk iPhone 12 juga semakin kecil dan ringan, yang berarti Apple dapat memuat bahan 70% lebih banyak saat pengiriman.

“Kami berharap orang lain bisa mengikuti langkah kami dan membuat dampak ini lebih besar lagi di planet kita,” kata Jackson, seperti dikutip CNET, Rabu (14/10/2020).
Menurut Apple, banyak pelanggan saat ini memiliki EarPod dan catu daya. Ada lebih dari 700 juta EarPod Apple dan 2 miliar catu daya Apple di seluruh dunia. Namun, kabel USB-C tetap disertakan di iPhone terbaru ini.

BACA JUGA  iPhone 12 Bisa 2 Kali Lebih Cepat Isi Baterai secara Nirkabel

Sepasang EarPods Apple dan adaptor daya masing-masing seharga $ 19. Ada juga adaptor daya lain yang dapat dibeli untuk mengisi daya iPhone.
Dengan mengurangi jumlah earbud berkabel dan adaptor daya, Apple mampu menjaga harga iPhone tetap rendah. IPhone 12 dibanderol dengan harga USD 799, yang masih lebih murah dibandingkan iPhone 11 yang kini dibandrol dengan harga USD 599.

Langkah ini juga dapat membuat Apple mendorong penggunanya untuk membeli headphone nirkabel mereka. Seperti AirPods, yang mulai dari $ 159.

BACA JUGA  Cek Harga Dan Spesifikasi Realme C12 Yang Baru Rilis Di Indonesia

Leave a Comment