Kuota Wisatawan Kepulauan Seribu Hanya 25% Selama PSBB Transisi

Kepala Suku Dinas Parekraf Kepulauan Seribu Dinas Parekraf DKI Jakarta Puji Astuti mengatakan Kepulauan Seribu siap menerima lebih banyak kunjungan wisatawan.
Hal ini sejalan dengan dicabutnya semua Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Kepulauan Seribu resmi beroperasi kembali sejak Senin, 12 Oktober 2020. Namun, ada beberapa hal penting yang harus diketahui wisatawan sebelum mengunjungi destinasi tersebut.
Salah satunya berkaitan dengan pengurangan kuota wisatawan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19.

BACA JUGA  Keindahan yang Tersembunyi Desa Sawai dari Maluku

“Kuota turis saat ini hanya 25 persen. Masa transisi awal 50 persen dari kapasitas maksimal,” kata Puji Astuti, Rabu (14 Oktober 2020) saat dikonfirmasi.
Selain mengurangi kuota wisatawan, Puji memastikan pihaknya memperketat penerapan protokol kesehatan di seluruh kawasan wisata di Kepulauan Seribu. Termasuk dalam area keberangkatan dan kedatangan (titian).

Wisatawan diharuskan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sosial, dan memeriksakan suhu tubuh. Pengetatan protokol kesehatan ini, kata Puji, dilakukan di semua dermaga dan kapal publik maupun swasta.

BACA JUGA  Wisata Padang Mangateh, Bernuansa New Zealand di Tanah Minang

“Secara umum, peran kami dalam masa transisi adalah menjual pariwisata yang aman dan sehat, jadi kami akan menyoroti protokol kesehatan di keluarga angkat, resor, dan daerah di Kepulauan Seribu. Ini sesuai sengan slogan kami yakni, ‘Menuju Pulau Seribu Aman, Sehat, dan Produktif’,” kata Puji.

Untuk memastikan wisatawan di kawasan wisata tersebut benar-benar mengikuti dan melaksanakan protokol kesehatan, Susi mengaku pernah bekerja sama dengan Satpol PP dan instansi terkait.
“sejauh ini pengawasan sudah kami tingkatkan. Kami sudah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya dan instansi terkait untuk memantau dan menyebarluaskan protokol kesehatan tersebut,” ujarnya.

BACA JUGA  Pesona Tebing Mariporoco Dan Air Terjun Kahatola, Halmahera Barat

Leave a Comment