Tips Memilih Dan Merawat Ikan Hias Bagi Pemula

Selama ini mewabahnya virus corona, selain berkebun, beberapa orang juga menjajaki hobi merawat ikan hias. Ada beberapa ikan hias yang menurut para ahli perikanan mudah dipelihara sehingga cocok untuk pemula.
Wida Lesmanawati, pengajar program studi Teknologi dan Manajemen Produksi Perikanan Budidaya IPB University di Sekolah Vokasi Sekolah Vokasi, mengatakan memilih ikan hias yang mudah dirawat merupakan salah satu tips merawat pemula.

“Saat kita membudidayakan ikan kita perlu mengetahui ciri-ciri ikan yang dipelihara. Guppy, platy, molly, neon tetra, corydoras, cooks, dan bettas merupakan jenis ikan hias air tawar yang terkenal dengan keindahan warna, bentuk sirip, atau bentuk tubuhnya yang unik,” kata Wida melalui pernyataan tertulis seperti dikutip dari Antara.

BACA JUGA  Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Antara Aquascape dan Terrarium

Pernyataan tertulis para ahli seperti Dian Eka Ramadhani, Amalia Putri Firdausi, Giri Maruto Darmawangsa, dan Wida Lesmanawati memaparkan tips sederhana bagi mereka yang ingin beternak ikan hias.

Berikut 5 tips sederhana dalam memilih jenis ikan hias yang cocok untuk pemula.

1. Pilih ikan yang mudah dirawat
Disarankan untuk memilih jenis ikan hias air tawar yang mudah perawatannya dan tidak memerlukan penanganan khusus. Ikan yang dipelihara dalam akuarium hias bisa dari spesies yang berbeda atau hanya satu spesies, tergantung dari karakteristik ikan tersebut.

BACA JUGA  Waktu Yang Terbaik Bagi Anda Melakukan Test Kehamilan

2. Pelihara ikan yang kuat
Para ahli merekomendasikan agar Anda memilih ikan yang memiliki toleransi yang kuat dan gigih terhadap perubahan kualitas air. Volume air dalam akuarium hias umumnya kecil, sekitar 1 hingga 5 liter. Sebab, kualitas air cenderung cepat berubah.

3. Minim oksigen
Pilih ikan yang tidak membutuhkan oksigen atau ventilasi tambahan. Karena aerator tidak hanya meningkatkan biaya, tetapi juga kurang cocok untuk akuarium hias kecil dan sederhana.

4. Ramah pelet
Masalah makanan ini juga menjadi pertimbangan. Disarankan untuk memilih ikan yang merespon pakan pelet dengan baik, karena pakan ini umumnya selalu tersedia, mudah didapat dan lebih mudah disimpan daripada pakan alami.

BACA JUGA  Niat, Keutamaan Serta Hukum Asal Puasa Ayyamul Bidh Bulan Syaban 1442 Hijriah

5. Harga terjangkau
Sebaiknya pilih ikan yang harganya terjangkau dan mudah didapat di toko ikan hias terdekat. Jika suatu saat ia mati, Anda dapat segera menggantinya.
Para ahli di bidang perikanan mengatakan kematian ikan hias biasanya terjadi pada tahap pemeliharaan pemula.

Rekomendasi untuk ikan hias

Para ahli merekomendasikan pemula untuk merawat ikan hias yang mudah dirawat dan tidak memerlukan perlakuan khusus. Guppies, platys, molly, neon tetra, corydas, cooks and bettas termasuk di antaranya.

BACA JUGA  Cara Mudah Memperbanyak Tanaman Hias Janda Bolong Bagi Pemula

Dalam hal ikan hias, ikan hias jantan umumnya memiliki bentuk tubuh dan warna yang lebih indah dari pada ikan betina, sehingga ikan hias jantan lebih banyak diperdagangkan. Ikan guppy, platy, dan molly dapat dipelihara dengan ikan yang memiliki karakter serupa.

Ikan guppy, platy, dan molly memiliki banyak varietas lokal, impor, dan turunan silang. Sebab, harganya bervariasi antara ribuan hingga puluhan ribu rupiah per kapita, tergantung bebannya.
Ketiga spesies ikan tersebut berenang di kolom air dan berukuran relatif kecil atau berukuran sekitar 2-3 sentimeter, sehingga dapat dipelihara dalam wadah yang tinggi dengan dasar yang sempit.

BACA JUGA  Berikut Arti Kata Dan Istilah Populer 2020 Selain 'Anjay'

Neon tetra
Neon tetra dengan nama latin Paracheirodon innesi merupakan ikan kecil dengan corak biru muda dan garis merah di bagian tengah tubuhnya. Ikan ini suka berenang di sekolah (berkelompok).
Ikan hias jenis ini tidak agresif dan lebih banyak menghabiskan waktunya di kolom air. Oleh karena itu cocok disatukan dengan ikan kecil lainnya seperti guppies, platy dan molly atau ikan yang menempati dasar perairan seperti Corydoras.

Menariknya, warna merah atau biru bisa memudar saat sakit atau merasa terancam. Jadi jangan sampai ikan kesayangan Anda stres atau sakit.

BACA JUGA  Rekomendasi Serta Peluang Bisnis Apa yang Laris saat Resesi?

Ikan mas
Ikan mas atau Carassius auratus relatif sederhana dan dapat dipelihara sendiri atau bersama spesies ikan lainnya. Hingga 1 ikan mas 4-5 cm dapat disimpan dalam 3-5 liter air jika lebih dari oksigen tambahan yang dibutuhkan oleh aerator.

Ikan ini merespon pakan pelet dengan sangat baik, namun lebih sering mengeluarkan kotorannya, sehingga air pemeliharaan lebih cepat kotor dan air harus lebih sering diganti.

Ikan Cupang
Ikan cupang atau Betta sp. lebih tepat untuk menyendiri. Ikan ini memiliki bentuk sirip yang bermacam-macam seperti serit (ekor mahkota), bulan sabit, plakat, dan slayer.
Hal ini sangat menentukan estetika dan nilai ekonomis ikan cupang. Semakin unik bentuk dan warnanya, semakin tinggi harganya.
Perawatan ikan cupang sendiri relatif mudah, karena ikan ini umumnya memiliki toleransi yang cukup tinggi terhadap perubahan lingkungan. Ikan cupang juga merespon dengan sangat baik terhadap pakan pelet.

BACA JUGA  Berikut Ini Tata Cara dan Doa Ziarah Kubur Sesuai Sunah

Leave a Comment